Jakarta (ANTARA News) - Liverpool terpaksa menelan hasil imbang atas rival sekota, Everton, dengan skor 1-1 dalam laga bertajuk Derby Merseyside pada Liga Utama Inggris pekan ke-16 di Stadion Anfield, Minggu.

Hasil imbang ini tercipta setelah Wayne Rooney mencetak gol dari titik putih pada babak kedua, setelah Liverpool unggul 1-0 di paruh pertama berkat gol Mohamed Salah.

Tambahan satu gol ini membuat Salah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 13 gol dari 16 laga.

Di sisi lain, hasil seri ini membuat The Reds bertahan di peringkat empat klasemen sementara dengan perolehan 30 poin, terpaut dua angka dari Chelsea yang duduk di posisi tiga walaupun dikalahkan West Ham pada Sabtu (9/12). Everton juga bertahan di peringkat 10 dengan perolehan 19 poin dari 16 laga.

Pasukan Juergen Klopp itu menguasai jalannya laga babak pertama dengan menguasai 80 persen kepemilikan bola dan melepaskan 12 sepakan kendati cuma satu tendangan yang on-target.

Liverpool menerapkan permainan kombinasi umpan panjang dan pendek dengan memanfaatkan lebar lapangan sehingga para bek sayap, Gomez dan Robertson, kerap membatu serangan untuk mengirimkan umpan kepada Sadio Mane atau Mohamed Salah.

Everton terlihat kesulitan menandingi permainan menekan yang diterapkan Liverpool, terutama untuk menjaga pergerakan Salah dan Mane. Ketatnya permainan Liverpool juga memaksa Wayne Rooney lebih banyak berada di sektor pertahanan.

Liverpool memiliki peluang saat Robertson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah mendapatkan bola dari Mane pada menit 35, namun tidak tepat sasaran.

The Reds akhirnya unggul 1-0 saat Mohamed Salah yang menerima umpan Gomez mampu melepaskan diri dari kawalan pemain Everton. Striker asal Mesir itu kemudian menyepak bola yang meluncur melengkung ke pojok kiri gawang Everton pada menit 42.

Everton memasukkan Aaron Lennon dan Schneiderlin menggantikan Niasse dan Davies pada awal babak kedua.

Pendukung Everton bernafas lega setelah Mohamed Salah gagal memaksimalkan umpan Milner pada menit 51. Tendangan akrobatik Mane juga dipatahkan Pickford pada menit 60.

Everton menyamakan kedudukan 1-1 melalui eksekusi penalti Wayne Rooney menyusul pelanggaran Lovren kepada Calvert-Lewin pada menit 76.

Klopp memasukkan Philippe Coutinho dan Danny Ings mengagntikan Chamberlain dan Solanke, setelah gol itu. Tendangan bebas Coutinho yang mengarah ke pojok kanan gawang Everton masih mampu diselamatkan Pickford.

Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir yang diiringi dengan protes Lovren kepada wasit terkait penalti yang diberikan kepada Everton, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Liverpool:
Mignolet, Gomez, Klavan, Lovren, Robertson, Henderson, Milner, Mane, Oxlade-Chamberlain, Salah, Solanke.
Cadangan: Karius, Wijnaldum, Coutinho, Firmino, Can, Ings, Alexander-Arnold

Everton: Pickford, Kenny, Holgate, Williams, Cuco Martina, Gueye, Calvert-Lewin, Davies, Sigurdsson, Rooney, Niasse.
Cadangan: Robles, Schneiderlin, Keane, Jagielka, Lennon, Vlasic, Lookman


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017