Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia akan ikut serta dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Satu Planet (One Planet Summit) yang berlangsung di Paris, Prancis pada 12 Desember 2017, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam KTT di Paris itu, Pemerintah Indonesia akan diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.

Konferensi itu digagas oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperkuat tekad dan komitmen terhadap Kesepakatan Paris (Paris Agreement) tentang perubahan iklim.

Kehadiran Pemerintah Indonesia dalam "One Planet Summit" akan menjadi penegasan dan mendorong penyelesaian proses perundingan, prosedur, dan pedoman operasional Paris Agreement.

Selain itu, Pemerintah RI dalam KTT tersebut juga akan menyampaikan capaian dan tingkat kemajuan upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Beberapa topik yang akan dibahas dalam KTT One Planet pada pertemuan tingkat menteri, yaitu peningkatan pembiayaan untuk tindakan pengendalian perubahan iklim, keuangan berbasis ekonomi hijau untuk bisnis yang berkelanjutan, percepatan tindakan pengendalian perubahan iklim lokal dan regional, penguatan kebijakan untuk transisi ekologis dan inklusif.

Terkait pembiayaan, KTT One Planet diharapkan dapat menindaklanjuti komitmen Paris Agreement, untuk mewujudkan pembiayaan atas aksi pengendalian perubahan iklim, perluasan alat keuangan yang efektif, sekaligus memperkenalkan berbagai proyek terkait ekonomi rendah karbon dan tahan iklim.

Paris Agreement, atau Kesepakatan Paris, adalah ?perjanjian dalam kerangka PBB (UNFCCC) mengenai mitigasi emisi gas rumah kaca, adaptasi, dan keuangan, yang diharapkan akan berlaku pada 2020.

Kesepakatan itu dinegosiasikan oleh 195 negara pada Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-21 di Paris, Prancis, pada 2015, dan kemudian ditandatangani pada peringatan Hari Bumi pada 22 April 2016 di New York, Amerika Serikat.

Hingga Maret 2017, tercatat 194 negara telah menandatangani Paris Agreement. Sebanyak 141 negara telah meratifikasi perjanjian tersebut. Indonesia merupakan salah satu negara yang menandatangani perjanjian itu pada 22 April 2016.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017