Universitas Indonesia duduki peringkat ke-23 kampus terhijau dunia

Universitas Indonesia duduki peringkat ke-23 kampus terhijau dunia

Universitas Indonesia (UI) (Antara Foto/Feru Lantara/dok)

Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-23 sebagai kampus terhijau dunia versi UI GreenMetricWorld University Rankings 2017, atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya (2016) yang berada pada peringkat ke-31 dunia.

"UI melalui UI GreenMetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia," kata Rektor UI Prof. Muhammad Anis usai acara Pengumuman Perguruan Tinggi Terhijau Dunia di Makara Art Centrum UI Depok, Senin.

Rektor mengatakan UI berbangga hati dapat mengambil peran dalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup.

Diharapkan melalui perangkingan UI GreenMetric ini, Perguruan Tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup di tingkat dunia.

Secara nasional UI mendudukui peringkat pertama sebagai kampus terhijau dunia, sedangkan pada peringkat ke-2 adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berada pada peringkat ke-3.

Selanjutnya Universitas Negeri Semarang (4), Universitas Sebelas Maret (5), Universitas Diponegoro (6), Universitas Brawijaya (7), Universitas Islam Indonesia (8), Telkom University (9) dan Universitas Padjajaran (10).

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric sebanyak 101 universitas dari tahun 2016.

Peserta dari Indonesia, juga meningkat menjadi 58 universitas dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.

UI GreenMetric merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei.

Pemeringkatan UI GreenMetricof World University Rankings dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3?Es). Beberapa perbaikan pada metodologi dan survei terus dilakukan oleh Tim UI GreenMetric guna menghasilkan pemeringkatan yang komprehensif.

Salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen),Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), dan Pendidikan (18 persen).

Tahun ini adalah pengumuman ke-8 sejak dimulainya pemeringkatan universitas sedunia berdasar kampus hijau pada 2010. Data pemeringkatan selengkapnya dapat dilihat pada tautan http://greenmetric.ui.ac.id/overall-ranking-2017.

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar