Mataram (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa ikut bergabung bersama Partai Demokrat untuk berkoalisi mengusung bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilkada Nusa Tenggara Barat 2018.

"PKB dan Demokrat akan berkoalisi," ujar Ketua DPW PKB NTB H Lalu Hadrian Irfani didampingi Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri di Mataram, Senin.

Terkait siapa yang akan di usung sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Hadrian mengatakan hingga saat ini belum diputuskan. Mengingat, keputusan ada di tangan DPP PKB.

"Yang jelas PKB akan umumkan paket pasangan satu dua hari ini," katanya.

Meski belum memutuskan siapa yang nantinya akan di usung, Hadrian Irfani tidak menepis kabar nama kader PKS yang juga anggota DPR RI dari dapil Banten Dr Zulkiflimansyah dan kader Demokrat Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah yang juga menjabat Rektor Universitas Hamzanwadi, Selong yang juga kakak kandung Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan di usung di Pilkada NTB 2018.

"Kami DPW PKB sudah menerima surat dari DPP, bahwa besok ada dua satu putra dan satu putri terbaik NTB yang di undang melakukan uji kepatutan dan kelayakan di DPP, yakni Dr Zulkiflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah, apa hasilnya nanti DPP yang memutuskan," terangnya.

Ketua DPD Demokrat TGH Mahally Fikri mengakui Partai Demokrat dan PKB telah menjalin koalisi menghadapi Pilgub NTB 2018. Bahkan, jika digabungkan jumlah kursi kedua partai politik sudah melebihi dari cukup untuk mengusung calon, yakni 13 kursi di DPRD NTB. Di mana saat ini Demokrat memiliki 8 kursi dan PKB 5 kursi.

"Untuk parpol sudah, tidak hanya mencukupi kebutuhan tapi melebihi syarat," tegasnya.

Namun demikian, ditambahkan Mahally, pihaknya masih membuka pintu bagi partai lain untuk bergabung dalam koalisi tersebut.

Selain itu, Mahally menambahkan, keputusan Demokrat dan PKB berkoalisi di Pilgub NTB karena kedua sepakat menjalin koalisi secara linier untuk Pilkada Bupati Lombok Barat dan Pilkada Bupati Lombok Timur.

Sementara itu terkait bakal calon yang di usung, pihaknya tidak ingin terburu-buru menyebutkan nama, namun pihaknya juga tidak menepis bahwa bakal calon tersebut, yakni Dr Zulkiflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah.

"Pasangan calon yang di usung sudah siap sedia. Apapakah Dr Zul dan Dr Sitti Rohmi. Yang jelas kita akan umumkan sebelum HUT NTB 17 Desember 2017," ungkapnya.

Untuk tahap finalisasi akan diputuskan oleh DPP Demokrat. Karena itu, dirinya beserta pengurus yang lain diminta berangkat ke Jakarta untuk menetapkan mitra koalisi tersebut.

"Kita minta semua pihak bersabar dan menunggu jawaban resmi setelah diputuskan DPP," tandasnya.

Pewarta: Nur Imansyah A
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017