Jakarta (ANTARA News)  - Kemarin Palestina mengapresiasi dukungan dari Indonesia, dan Presiden Joko Widodo menggagas lomba perampingan regulasi untuk mengefisienkan birokrasi.


Selain itu ada berita mengenai perkembangan proses pergantian ketua DPR, dan penanganan kejadian luar biasa difteri yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut: 

Presiden ingin perlombakan pemangkasan regulasi

Presiden Joko Widodo melontarkan gagasan membuat lomba memangkas peraturan untuk menciptakan birokrasi yang efisien pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2017 dan Peresmian Pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi Ke-12 serta Peluncuran Aplikasi e-LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

"Nanti mau saya buat lomba, siapa yang bisa mangkas peraturan-peraturan saya beri hadiah," kata Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin.

"Menjengkelkan karena setiap bergerak ada aturannya, ada izinnya, ada persyaratannya. Inilah fakta yang kita hadapi, semua jenis layanan administrasi harus disederhanakan, harus dipangkas, ini pekerjaan besar kita yang ada di sini," tambah Presiden.

Palestina apresiasi dukungan Indonesia


Duta Besar terpilih Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun mengatakan bangsa Palestina mengapresiasi sikap Indonesia menolak keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Ini sebuah sikap yang besar dan berani dan merupakan bentuk dari kepahlawan dari rakyat Indonesia, terutama dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina," katanya dalam Pertemuan Para Tokoh Lintas Agama dan Masyarakat untuk Menolak Keputusan Sepihak Donald Trump atas Yerussalem di Kantor Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan kepada pemerintah Indonesia yang secara konsisten berpegang teguh pada sikap dan pandangannya."

Fadli Zon jadi pelaksana tugas ketua DPR

Rapat Pimpinan DPR pada Senin malam memutuskan menetapkan Fadli Zon sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPR setelah Setya Novanto menyatakan mundur karena menjadi tersangka kasus korupsi dalam pengadaan KTP Elektronik.

"Telah ditetapkan Plt Ketua DPR adalah Wakil Ketua bidang Korpolkam sesuai dengan fraksi, dalam hal ini saya akan menjalankan tugas Plt ketua sampai dengan adanya ketua atau pimpinan yang definitif," kata Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Reaksi Presiden saat #radioguemati


Kemarin lini massa media sosial heboh karena #radioguemati. Radio swasta serentak berhenti siaran sejak pukul 07.45. Setelah selama 15 menit yang terdengar hanya suara gelombang frekuensi, tepat pukul 08.00 terdengar suara Presiden Joko Widodo bicara soal siaran radio.

Warga dengan gejala difteri diminta segera ke Puskesmas

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga yang mengalami gejala penyakit difteri segera memeriksakan diri ke puskesmas.

"Kalau ada warga yang kira-kira menderita gejala penyakit itu, langsung periksa ke puskesmas, jangan ditunda-tunda lagi. Silakan berobat," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI, Koesmedi Priharto, di Jakarta, Senin.

Koesmedi memastikan warga peserta program BPJS Kesehatan bisa mendapatkan pengobatan tanpa dipungut biaya. "Kalau tidak punya BPJS (Kesehatan), tidak apa-apa, datang saja untuk berobat, nanti akan dibuatkan di puskesmas," katanya.

 


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017