Hujan salju sebabkan penutupan bandara di Belanda

Hujan salju sebabkan penutupan bandara di Belanda

Ilustrasi - Truk pembersih salju (Reuters)

Den Haag (ANTARA News) - Salju membawa malapetaka di dataran rendah Belanda pada Senin (11/12), menyebabkan penutupan Bandara Eindhoven, sekolah dan memicu kekacauan lalu lintas dengan ratusan perjalanan pesawat dan kereta api dibatalkan atau ditangguhkan.

Bandara Schiphol, yang tepat berada di luar Amsterdam, terpaksa membatalkan 430 penerbangan menjelang sore – sekitar sepertiga dari semua penerbangan masuk atau keluar dari salah satu bandara tersibuk di Eropa itu, sementara banyak penerbangan lainnya ditunda lama.

"Kami sedang membersihkan es dari pesawat demi keselamatannya dan kami mengerahkan kru untuk menjaga landasan pacu dan membersihkan salju," ujar juru bicara Schiphol Paul Weber kepada AFP.

Bandara Eindhoven, yang terbesar kedua di negara itu, menyatakan di Twitter sesaat setelah tengah hari bahwa "karena kondisi cuaca dingin, landasan pacunya saat ini ditutup".

Landasan itu dibuka lagi sekitar tiga jam kemudian, tetapi beberapa penerbangan masih dialihkan atau dibatalkan.

Asosiasi keselamatan jalan Belanda, ANWB, melaporkan jalan-jalan buntu sekitar pukul 18.30 dengan kemacetan lalu lintas sepanjang 1.385 km dilaporkan terjadi di seluruh negeri karena es. (kn)

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar