Jakarta (ANTARA News) - Google merilis daftar Year in Search 2017 atau penelusuran terpopuler pada sepanjang 2017, yang meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita yang menciptakan tren penelusuran paling tinggi di Google selama 2017 di Indonesia.

Google mengungkap sembilan kategori utama dalam daftar tren penelusuran terpopuler yang secara urut diisi lagu Surat Cinta untuk Starla, film Pengabdi Setan, Setya Novanto, Pilkada DKI, SEA Games, Jokowi Mantu, Ayam Geprek, Raja Salman, dan Om Telolet Om.

"Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli Indonesia," kata Tony Keusgen, Managing Director, Google Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

"Dengan semakin banyak orang mengenal Internet, kita akan melihat lebih banyak konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan dari seluruh Indonesia, dan kami di Google berkomitmen untuk membantu mereka 'ditemukan', kapan saja, di mana saja," sambung dia.

Ada tiga hal utama yang tercermin melalui daftar Google Year in Search 2017.

1. Orang Indonesia terus mencari konten dalam negeri.
Untuk pertama kalinya dalam sejarah Year in Search di Indonesia, lagu dan film karya anak bangsa menempati dua peringkat teratas daftar penelusuran terpopuler di Indonesia.

2. Ada peluang yang sangat besar bagi talenta dan karya anak bangsa untuk meraih sukses lewat Internet.
Lagu Surat Cinta untuk Starla pertama diluncurkan di YouTube, kemudian dipasarkan secara organik di media sosial selama 5 bulan hingga akhirnya meraih popularitas skala nasional. Surat Cinta untuk Starla menempati peringkat teratas Year in Search 2017.

Demikian pula dengan film Pengabdi Setan, tak hanya penelusuran mendalam terhadap plot dan karakter film Pengabdi Setan, trailer-nya yang diunggah ke YouTube menjadi salah satu dari 10 video paling populer di YouTube tahun 2017.

3. Masyarakat Indonesia aktif menggunakan Google untuk menemukan peluang baru di ekonomi digital.
10 penelusuran terpopuler untuk kategori Cara Menjadi… berisi profesi berbasis digital, seperti "Cara menjadi Selebgram, Cara menjadi YouTuber, Cara menjadi reseller online shop, dan Cara menjadi agen Bukalapak.

Rasa ingin tahu warganet yang tinggi terhadap tren makanan juga menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis. Jika dua tahun lalu kue cubit menjadi tren penelusuran Google, tahun ini ada ayam geprek.


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017