Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan kelahiran seribu ekor sapi jenis Gatotkaca atau "belgian blue" di Indonesia di akhir masa jabatannya untuk meningkatkan kualitas sapi lokal.

Dalam sambutannya pada penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Daerah dan Perbankan di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis, Menteri Amran menceritakan kebahagiannya tentang sapi belgian blue yang baru lahir pada Minggu (10/12) dan bisa memiliki bobot hingga 2 ton ketika dewasa.

"Target kami seribu seperti ini belgian blue dan besarnya bisa seperti ini. Mudah-mudahan di akhir masa jabatan seribu kami bisa bawa ke Jakarta," ungkap Mentan.

Amran mengatakan sapi Belgian Blue yang dikembangkan Kementerian Pertanian di Balai Embrio Ternak, Cipelang, Bogor, tersebut diberi nama Srikandi. Kelahiran sapi belgian blue ini merupakan kedua kalinya, yang pertama diberi nama Gatot Kaca.

Menurut penuturannya, kelahiran sapi Gatot Kaca dan Srikandi di Indonesia merupakan satu-satunya kelahiran di negara tropis, mengingat sapi ini merupakan sapi berotot pertama di dunia hasil persilangan yang dikembangkan dari peternak Belgia. Ia menegaskan belgian blue menjadi sapi masa depan Indonesia sehingga perlu didukung.

Ada pun rencana kelahiran seribu sapi belgian blue ini dicapai dengan anggaran yang sudah disiapkan sebesar Rp100 miliar pada 2018 untuk pembelian sperma atau semen beku.

"Ini kan harga semen beku spermanya 15 juta per tetes, tapi kami dari Eropa lihat langsung. Saya beli karena beratnya 1,9 sampai 2 ton. Saya bilang kita beli Rp100 miliar, embrionya kita beli," kata Amran.

Ia menambahkan pengembangan sapi belgian blue di BET Cipelang ini merupakan wujud pengembangan teknologi dalam rangka introduksi jenis sapi baru di Indonesia.

Keberadaan belgian blue yang digunakan untuk disilangkan dengan sapi lokal yang nantinya akan meningkatkan perototan sapi lokal.

Menurutnya, beberapa keuntungan yang diperoleh dari terjadinya mutasi ini adalah perototan yang luar biasa. Kelebihannya, jumlah karkas juga meningkat dan kandungan lemak pada daging yang rendah.

Oleh karena itu, tingginya minat peternak terhadap sapi BB ini menginspirasi asosiasi belgian blue di Belgia untuk menyebarkan belgian blue ke seluruh dunia, baik dalam bentuk semen beku maupun embrio.

Terdapat 3 pola warna pada sapi BB ini, diantaranya adalah hitam (pie-black/pie-dnoire), semua putih dan roan (pie-blue).

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017