Surabaya (ANTARA News) - Manajemen Persebaya Surabaya memperpanjang kontrak pesepakbola Irfan Jaya selama dua tahun untuk mendukung tim mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan.

Manajer Persebaya Choirul Basalamah, Jumat, mengatakan manajemen bergerak cepat melakukan persiapan supaya program dan komposisi tim terjaga.

Selain kepada Irfan Jaya, manajemen tim juga menyodorkan kontrak dua tahun kepada Oktafianus Fernando (sayap) dan M. Hidayat (gelandang).

Dari total 27 pemain yang musim lalu turut mengantar Persebaya menjadi juara Liga 2, ada 17 pemain yang sepakat memperpanjang kontrak dengan 14 pemain dikontrak setahun dan sisanya 10 pemain berstatus dipinjamkan.

"Kontrak anyar sudah dikantongi sejumlah pemain yang masuk dalam gambaran proyeksi dipastikan bertahan. Tapi ada juga yang dipinjamkan ke tim lain," ujarnya.

Pada dasarnya, ia menjelaskan, manajemen beriktikad menyodorkan perpanjangan kontrak kepada semua pemain dan mempersilakan masing-masing pemain untuk memilih melanjutkan bersama Persebaya atau tidak.

Choirul Basalamah, yang akrab Abud, juga menjelaskan bahwa pemain yang terlibat dalam program peminjaman sebenarnya masih terikat kontrak dan mendapat gaji dari Persebaya sehingga tim yang meminjam tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Ia mengatakan pemain yang dipinjamkan ke klub lain mayoritas masih berusia muda karena program ini memang ditujukan untuk memberi mereka mengembangkan diri di klub lain.

"Harapannya satu hari nanti para pemain ini kembali memakai baju hijau-hijau dengan pengalaman, kualitas dan skill yang telah berkembang," katanya.

Selepas perpanjangan kontrak, manajemen memberikan kesempatan pemain dan tim pelatih untuk liburan setelah mengarungi kompetisi Liga 2 yang cukup panjang musim lalu.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017