PLN dukung program Jakarta "smart city"

PLN dukung program Jakarta "smart city"

Ilustrasi - Pekerja membersihkan patung Asta Brata (Arjuna Wijaya) di jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/7/2017). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta (ANTARA News) - PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan konsep kota pintar (smart city).

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya akan memindahkan kabel jaringan tegangan rendah (JTR) ke dalam tanah guna menjaga estetika kawasan utama (VVIP) ibu kota terkait konsep "smart city" tersebut.

"Kami berkomitmen mendukung program pemerintah Jakarta, salah satunya dengan memulai memindahkan kabel-kabel jaringan tegangan rendah ke dalam tanah. Selain estetika kota, penataan utilitas seperti ini juga aman untuk masyarakat," katanya.

Ikhsan yang memimpin peresmian dimulainya proyek percontohan pemindahan kabel di kawasan Medan Merdeka juga meminta kerja sama dan sinergi yang baik dengan instansi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait agar pekerjaan tersebut dapat segera selesai dan berjalan aman.

"PLN bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang diwakili Dinas Bina Marga, Dinas Perindustrian dan Energi, serta Satuan Polisi Pamong Praja selama menjalankan proses pemindahan kabel," tuturnya.

Menurut Ikhsan, kawasan pertama sebagai proyek percontohan pemindahan kabel JTR adalah area Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat, yang merupakan pusat pemerintahan.

Jalur pemindahan kabel di jalur VVIP itu mencakup 175 pelanggan, dengan sebaran di Jl Medan Merdeka Selatan sebanyak 20 pelanggan, Jl Medan Merdeka Timur 102 pelanggan, Jl Medan Merdeka Barat 37 pelanggan, dan Jl Medan Merdeka Utara 16 pelanggan.

"Pada 2018, kami akan memindahkan kabel sepanjang kurang lebih 200 kms dengan kebutuhan anggaran PLN sebesar Rp80 miliar," ucapnya.

Ikhsan menambahkan lokasi pemindahan kabel udara yang berada di tiang atau biasa disebut dengan saluran udara tegangan rendah (SUTR) ke dalam tanah atau saluran kabel tegangan rendah (SKTR) akan dilakukan di beberapa titik.

Antara lain di Jakarta Selatan seperti Jl Melawai, Jl Bulungan, Jl Mahakam, Jl Iskandarsyah, dan Jl Kalibata.

Di Jakarta Pusat seperti Jl Tanah Abang, Jl Suryopranoto, Jl Balik Papan, Jl Kyai Caringin, dan Jl Bungur Raya.

Lalu, di Jakarta Barat antara lain Jl Rusun Pesakih Daan Mogot dan Jl Daan Mogot Perumahan Victoria sampai dengan Simpang Perempatan Cengkareng dan di Jakarta Utara seperti Jl Pluit Muara Karang.


Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Mesin PLTU Jeranjang diperbaiki guna menjamin pasokan listrik

Komentar