Jambi, Provinsi Jambi (ANTARA News) - Toilet umum Bandara Sultan Thaha di Jambi, menyandang predikat bintang empat untuk fasilitas toilet bandara terbersih berdasarkan penilaian Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

"Pada tahun ini fasilitas toilet naik peringkat dan memperoleh bintang empat dari sebelumnya bintang tiga." kata Junior Manager Operasi dan Pelayanan Bandara Sultan Thaha, Asep Kurniawan, di Jambi, Jumat.

Piagam pemeringkatan toilet umum bandar udara itu diberikan kepada Bandara Sultan Thaha Jambi dengan masa berlaku 2018--2019 yang langsung ditanda tangani Ketua ATI, Naning Adiwoso.

Selain Bandara Sultan Thaha, juga terdapat sejumlah fasilitas toilet umum bandara lainnya yang meraih predikat bintang empat, yakni Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, dan Bandara Kualanamu di Medan.

Kemudian Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Berdasarkan keterangan ATI, toilet umum menjadi salah satu fasilitas penting dalam infratsruktur publik di bandara. Keberadaan toilet dinilai mampu memberikan citra positif menunjang destinasi wisata.

Sedangkan penilaian yang dilakukan ATI, meliputi kebersihan toilet, fasilitas yang ada di toliet, desain toilet serta alat kelengkapan yang memadai untuk kebersihan toilet.

Sementara itu, fasilitas toilet umum di terminal baru Bandara Sultan Thaha Jambi itu telah mengalami peningkatan fasilitas yang signifikan dari sebelumnya.

Bandara kebanggan masyarakat Jambi itu memiliki terminal seluas sekitar 35.000 meter persegi dan area parkir seluas 26.500 meter persegi yang diresmikan langsung Presiden Joko Widodo 2016 lalu.

Terminal baru Bandara Sultan Thaha mampu menampung kapasitas 1,6 juta penumpang per tahun. Selain itu bandara juga berperan memperkuat bandara internasional lain, di antaranya Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017