Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Jumat sore meninjau langsung gladi bersih persiapan pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tiga Pilar Partai Bidang Ekonomi Kerakyatan, yang rencananya dibuka pada Sabtu (16/12) di ICE, BSD, Tangrang, Banten.

Dalam keterangan tertulisnya, Megawati ditemani sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, dan Ketua Panitia Rakornas Mindo Sianipar.

Megawati ingin memastikan acara yang disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi ini berlangsung lancar.

Presiden ke-5 RI itu juga sempat mengoreksi tata panggung seperti letak paduan suara yang jumlahnya sekitar 20 orang, yang sebelumnya berada di pinggir, menjadi menghadap ke penonton di tengah.

"Paduan suara coba menghadap ke tengah, menghadap saya," kata Megawati.

Dia juga sempat mengoreksi letak patung petani penghias panggung yang menurutnya kurang pas, sehingga patung petani perempuan jangan terlalu jauh dengan patung petani pria.

Megawati juga memperhatikan dan menikmati alunan musik nusantara yang dibawakan Kuaetnika pimpinan Djaduk Ferianto yang akan beraksi dalam pembukaan Rakornas PDI Perjuangan.

Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Kerakyatan mengambil tema "Berdikari untuk Indonesia Raya", dan akan berlangsung pada 16-17 Desember di ICE, BSD, Kota Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar Partai pada 16-17 Desember akan merumuskan bagaimana politik bekerja melalui praktik ekonomi gotong royong yang tumbuh subur di rakyat.

"Untuk menampilkan wajah politik yang menampilkan kebudayaan, maka Rakornas Tiga Pilar Partai yang akan dilaksanakan 16-17 Desember 2017, akan menghadirkan bagaimana politik bekerja melalui praktik ekonomi gotong royong yang tumbuh subur ditengah rakyat," kata Hasto.

Dia mengatakan PDI Perjuangan mengambil langkah terobosan guna menampilkan wajah politik yang membangun peradaban karena partainya sangat khawatir dengan kecenderungan politik yang hanya menampilkan wajah kekuasaan, politik menang-menangan, dan politik menghalalkan segala cara asal menang.

Dia mengatakan Tiga Pilar Partai, yaitu Strukural, Legislatif, dan Eksekutif partai bergotong rotong untuk memajukan ekonomi negeri karena itu jawaban PDI Perjuangan guna mendorong peningkatan tingkat kepuasaan Pemerintahan Jokowi melalui gerakan ekonomi kerakyatan yang dijalankan dengan semangat gotong royong.

Hasto mengatakan Rakornas Tiga Pilar akan dibuka pada Sabtu (16/12) secara langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Rakornas tersebut akan dihadiri seluruh petugas partai yang ada di eksekutif dan legislatif, baik di level nasional maupun di daerah, dan berlangsung sejak 16-17 Desember di Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tangerang Selatan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017