Adhi Karya gandeng PPD sediakan suttle bus untuk kawasan hunian

Adhi Karya gandeng PPD sediakan suttle bus untuk kawasan hunian

Bus Transjabodetabek Bus Transjabodetabek Premium yang disediakan PPD bersama Adhi Karya untuk shuttle bus LRT City Bekasi Timur. (ANTARA News/HO)

Jakarta (ANTARA News) - Selain menghadirkan LRT City, kawasan hunian dan komersial terpadu di dekat jalur angkutan light rail transit (LRT) Jabodetabek, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menggandeng Perum Pangangkutan Penumpang Jakarta (PPD) guna menyediakan shuttle bus untuk kawasan yang dibangun perusahaan konstruksi itu.

Tidak hanya penyediaan shuttle bus, kerja sama kedua perusahaan yang ditandatangani Maret lalu itu juga termasuk pengembangan lahan milik PPD, kata Adhi Karya dalam siaran pers, Jumat.

Terkait hal itu, pada 12 Desember yang lalu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan uji coba shuttle bus itu di halaman kawasan LRT City Bekasi Timur – Eastern Green.

Acara ini diresmikan oleh Kepala BPTJ Bambang Prihartono, dan dihadiri Direktur Utama Perum PPD Pande  PutuYasa, General Manager Transjabodetabek Waryantini, Direktur Utama Operasional II Adhi Karya Budi Saddewa Soedirodan, serta General Manager Departemen TOD & Hotel Adhi Karya Amrozi Hamidi.

Budi Saddewa Soediro mengatakan bahwa untuk memberikan kemudahan bagi penghuni kawasan LRT City, Adhi mengintegrasikan sistem transportasi kawasan LRT City dengan beberapa fasilitas publiklainnya.

“Oleh  karena itu, kami menjalin kerja sama dengan Perum PPD untuk pengadaan shuttle bus sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan LRT City memiliki pilihan moda transportasi untuk menghubungkan kawasan LRT City dengan area-area bisnis lainnya,” katanya.

Transportasi model ini diharapkan dapat mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi ke keangkutan umum. “Target model share 60 persen angkutan umum pada tahun 2029 dapat tercapai,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, yang menambahkan bahwa untuk sosialisasi pihaknya menggandeng Jasa Marga, Pemerintah, dan Dishub Kota Bekasi

Pande Putu Yasa selaku Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menegaskan bahwa layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Bus Transjabodetabek Premium ini yang disediakan PPD itu melayani rute LRT City Bekasi Timur – Eastern Green menuju Grand Paragon Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat. Untuk trayek ini Perum PPD menyiapkan Armada dengan fasilitas premium seperti kursi menghadap ke depan, full AC, free WiFi, seat belt, kursi sandar dan colokan listrik.

Di titik pemberangkatan bus dilengkapi fasilitas park and ride dengan tarif parkir Rp10.000 per hari apabila menunjukkan tiket Transjabodetabek Premium.

Jadwal perjalanan suttle bus dari LRT City Bekasi Timur – Eastern Green pukul 05.30 WIB, 05.45 WIB, 06.00 WIB, dan dari Grand Paragon pukul 15.30 WIB, 16.00 WIB, 16.30 WIB.

Bus Transjabodetabek Premium ini akan langsung masuk tol dan keluar di depan Polda Metro Jaya dan demikian juga sebaliknya. Tarif angkutan ini ditetapkan sebesar Rp25.000 per penumpang.

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar