Jakarta (ANTARA News) - PT Adhi Karya (Persero) Tbk, melalui Departemen TOD dan Hotel, mengembangkan kawasan hunian terpadu berbasis Transit Oriented Development dengan nama LRT City yang mengintegrasikan stasiun LRT Jabodebek dengan kawasan komersial, hunian apartemen.

"Sebagai sarana pengenalan LRT City kepada masyarakat, Adhi Karya akan membangun LRT City Sentul yang dinamakan Royal Sentul Park. Rencananya launching commercial akan dilakukan besok sebanyak 3 lantai dengan total luas 6.397m2," kata General Manager Departemen TOD dan Hotel Amrozi Hamidi, di Jakarta, Jumat.

Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat ujar Amrozi, setiap minggu pihaknya selalu mengadakan berbagai acara. "LRT City tidak hanya membangun kawasan, namun setiap orang yang bersinggungan dengan LRT City kami sebut dengan Elartizen, sehingga kawasan ini dapat membentuk komunitas baru," kata ujarnya.

Ia menjelaskan, pada 2017 Adhi Karya setidaknya memiliki 4 lahan yang berlokasi di titik nol kilometer stasiun LRT Jabodebek, dan itu akan dikembangkan untuk menjadi kawasan hunian dan komersial.

Ini merupakan solusi yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat, agar kaum sub - urban bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas, karena terbebas dari problem kemacetan yang semakin parah.

LRT City Sentul - Royal Sentul Park, dikembangkan di lahan seluas 14.8 ha dengan konsep nature and leisure, yang mengadopsi wisata Bogor dan Bandung.

Pembangunan tahap 1 dibangun Ruko sebagai gerbang masuk kawasan dan 1 tower apartemen yang terdapat area komersial di level ground, level 1 & level 2.

Untuk tahap berikutnya, akan dibangun 12 tower apartemen, shopping mall, ruko, office tower, plaza, family garden, green connectivity, pedestrian dan bicycle track, serta street culinary.

Adapum TOD Adhi Karya ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada penghuni, seperti "culinary street", kolam renang, "family play ground", dan "green connectivity" di level 2 sepanjang 1,3 km yang menghubungkan antar-tower.

Dengan total unit sebanyak 1626 unit, hunian di kawasan ini dimulai dengan harga Rp 360 juta. Sesuai dengan perencanaan pembangunan, tower 1 apartemen ini akan selesai dan bisa diserah terimakan pada Juni 2020.

Selanjutnya, Project Manager LRT City Sentul - Royal Sentul Park Nanang Safrudin menambahkan,?kemajuan pembangunan ruko saat ini sudah selesai. Ruko terdiri atas 23 unit. Dibangun dengan konsep 3 lantai per unit, dengan disain dan arsitektur modern, dan terdapat 2 akses untuk lantai 1 dan 2.

Pada selasar lantai 2 terhubung dengan "connection bridge" yaitu "green connectivity" yang menghubungkan antar-blok ruko, sehingga benefit yang didapat adalah 1 unit ruko sangat mungkin disewa untuk 2 tenant karena mempunyai akses untuk lantai 1 dan 2 terpisah.

"Sedangkan untuk apartemen, kita sudah selesai pekerjan bor pile dan sedang membangun area basement. Untuk ruko sendiri dipasarkan mulai Rp 3 miliar," ujarnya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017