Sukabumi (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,7 skala richter (SR) mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya yang menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar rumah.

"Saat gempa terjadi saya sedang nonton televisi, awalnya ada gempa tapi rasanya tidak terlalu kencang tetapi getaran gempa yang kedua terasa lebih kencang dan durasinya lama," kata Dina Nurlela warga Kampung Benteng Kidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa pertama terjadi pada Jumat, (15/12) sekitar pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 SR yang berlokasi di 7,29 Lintang Selatan (LS), 106,69 Bujur Timur (BT) 48 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 50 km.

Kemudian disusul gempa berdurasi sekitar satu menit terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan kekuatan 6,7 SR yang berlokasi di 8,08 LS, 108,038 BT dengan kedalam pusat gempa 68 km.

Bahkan informasi yang diterima gempa ini juga berbarengan dengan beberapa wilayah di Jabar lainnya seperti di Garut serta Jawa Tengah dan DIY dengan kekuatan 7,3 SR.

Hingga saat ini belum ada laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi kerusakan akibat gempa yang berpotensi terjadinya gelombang tsunami ini.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017