Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Polres Metro (Polrestro) Bekasi, Jawa Barat akan menterjunkan 1.000 personil guna pengamanan dan menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2018 pada gelaran Operasi Lilin Jaya 2017.

"Dengan perincian 600 anggota kepolisian, 150 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, dan sisanya relawan maupun TNI," kata Kombes Polisi Candra Sukma di Kabupaten Bekasi, Minggu.

Menurut dia dalam hal ini pengamanan terbagi menjadi tiga ruas jalan antara lain Jalur Pantura, Jalan Inspeksi Kalimalang, dan Ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Pada mudik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diperkirakan kendaraan yang melewati tiga tempat tersebut berjumlah 750.000 pengguna jalan, baik beroda empat maupun dua.

Namun kepolisian sudah melakukan berbagai cara sebagai bentuk antisipasi bila terjadi kepadatan lalulintas di sejumlah ruas jalan.

Selain itu juga akan menempatkan posko pelayanan dan pengamanan bagi pemudik yang hendak menikmati libur panjang dengan sanak saudara.

Hal tersebut juga sebagai bentuk apresiasi kepolisian berikut jajarannya guna memberikan kenyamanan dalam pengaturan lalulintas bagi masyarakat.

Ia menambahkan dalam antisipasi ini juga mengingatkan kepada pengguna kendaraan roda empat yang melewati ruas tol, untuk tidak berlama-lama pada tempat istirahat sementara (rest area).

Dikarenakan dalam hal ini kapasitas parkir rest area hanya dapat menampung kurang lebih 300 kendaraan pribadi.

Oleh sebab itu, guna mengatasi masalah tersebut maka diberlakukan istirahat selama 30` menit. Hal ini dimaksudkan agar pengguna jasa layanan tol juga bisa menggunakan tempat istirahat sementara.

Lanjut Kombes Pol Candra menjelaskan dalam menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru kepolisian juga akan melakukan pengamanan tempat-tempat ibadah dan sebagaimana mestinya.

Selain itu mengimbau kepada pengguna jalan agar menyiapkan kendaraannya dalam kondisi prima.

Dan sekiranya menyiapkan makanan maupun minuman selama perjalanan. Ini dilakukan guna mrngantisipasi bila terjadi kemacetan selama perjalanan ke tempat tujuan.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017