Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, meraih gelar turnamen bulu tangkis level Super Series ketujuhnya pada 2017 usai menjuarai turnamen penutup musim di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu.

Dalam turnamen BWF World Super Series Finals 2017 di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab itu, pasangan Indonesia ini  mengalahkan pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan 21-16, 21-18.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Minggu, mencatat dengan hasil ini, secara keseluruhan sepanjang2017, pasangan ini telah menjuarai All England, India Terbuka, Malaysia Terbuka, Jepang Terbuka, China Terbuka, Hongkong Terbuka, dan BWF Superseries Finals 2017 Dubai.

Mereka mencatat sejarah baru dengan meraih tujuh gelar Super Series dalam satu tahun kalender kompetisi, melebihi rekor ganda Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, yang mengantongi enam gelar superseries dalam satu tahun kalender kompetisi.

"Kemenangan kali ini benar-benar terasa spesial, sangat luar biasa buat kami bisa dapat `hattrick` kedua kalinya tahun ini, Kami bisa dapat gelar ketujuh selama setahun. Saya tidak pernah menduga bisa dapat tujuh gelar super series dalam setahun, ini baru pertama kali, tidak menyangka, ini benar-benar mukjizat," kata Kevin dalam keterangan PP PBSI.

Kemenangan ini sendiri, sekaligus membalas kekalahan menyakitkan yang dialami Marcus/Kevin atas Liu/Zheng pada final turnamen Super Series Premier Denmark Terbuka 2017 ketika saat itu  Marcus mengalami cedera bahu.

"Kuncinya, kami sudah belajar dari pertemuan terakhir, walaupun saat itu kami kalah karena bahu saya sakit, tetapi namanya kalah ya kalah. Jadi sekarang bagaimana caranya kami harus menang dari mereka," kata Marcus.

Saat laga final itu, Kevin tengah menahan sakit akibat terjatuh di pojok lapangan pada awal gim pertama. Akibatnya bahu dan lututnya berdarah dan harus dibalut plester usai penyerahan medali.

Namun semangat juang kedua pemain ini begitu luar biasa sehingga Liu/Zhang tak dapat berbuat banyak di lapangan.

"Terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia yang suka badminton. Jangan bosan-bosan ya dukung kami," ujar Marcus.


Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017