Kendari (ANTARA News) - Bank Indonesia Sulawesi Tenggara mendorong warga setempat untuk mengembangkan sumber pendapatan baru khususnya dari pariwisata.

"Pengembangan sektor pariwisata akan memberikan dampak positif terhadap munculnya sumber-sumber ekonomi kecil bagi warga yang akan menjadi sumber pendapatan baru," kata Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono, di Kendari, Minggu.

Setiap ada tempat objek wisata yang baru, maka di situ akan tumbuh sektor ekonomi lain yang melibatkan warga setempat atau warga sekitar objek wisata.

"Setiap objek wisata maka di situ akan muncul kawasan kuliner, jasa, dan berbagai jenis usaha mikro kecil lainnya," kata Minot.

Untuk itu Minot, meminta pemerintah setempat untuk senantiasa mempromosikan potensi wisata di daerah masing-masing karena sangat efektif dalam mendorong dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Upaya promosi pariwisata diharapkan terus dilakukan untuk mendongkrak ekonomi warga dan daerah," katanya.

Selan sektor pariwisata kata Minot, sektor pertanian juga akan memunculkan beberapa sumber pendapatan baru bagi warga jika mendapat pendampingan dan dukungan pemerintah setempat.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017