Jakarta (ANTARA News) - Ericsson, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan komunikasi, memprediksi sejumlah tren tahun depan, salah satunya adalah penggunaan perangkat earphone.


“Sekarang ini banyak yang membuat earphone nirkabel, mereka menghilangkan jack untuk audio,” kata Kepala Ericsson Consumer Lab Asia Tenggara, Oseania dan India, Afrizal Abdul Rahim, saat paparan di Jakarta, Senin sore.


Karena tidak ada kabel, pengguna dapat tetap memakainya saat tidur, bahkan kemungkinan akan jadi benda yang dipakai 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.


Menurut studi 10 Hot Consumer Trends 2018, 52 persen orang menggunakan earphone saat tidur untuk menghindari suara-suara yang dapat mengganggu, misalnya suara dengkuran.


Para produsen diperkirakan akan menyematkan teknologi canggih pada earphone shingga banyak pengguna berharap alat tersebut dapat membantu aktivitas mereka.


Studi tersebut menunjukkan 63 persen konsumen ingin earphone dapat menerjemahkan bahasa secara aktual.


Afrizal juga memperkirakan teknologi earphone nirkabel memungkinkan pengguna dapat memilih orang yang ingin didengar ketika berada dalam sebuah ruangan dan membisukan yang tidak ingin didengar.


Ericsson juga memperkirakan tubuh manusia dapat digunakan untuk mengaktifkan perintah di perangkat pintar.


Tidak lagi mengandalkan perintah suara (voice assistant), teknologi di masa mendatang dapat menggunakan intonasi suara, sentuhan atau gerak tubuh, misalnya untuk menaikkan atau menurunkan suhu pendingin ruangan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017