Jakarta (ANTARA News) - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai program pembinaan dan pemberdayaan ekonomi perempuan PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar Jamal Papua Mart di Kampung Utikini Baru, Timika, Papua.

"Kegiatan peresmian ini berkat dukungan pemerintah daerah dan bank pemerintah," kata Departemen Community Economic Development (CED) PT FI Rony Yawan di Jakarta, Selasa.

Selain Rony, peresmian kegiatan itu dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3KB) Kabupaten Mimika Alice I Wanma, Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika Cherly Lumenta dan Kepala Bank BRI Cabang Mimika Sukarno.

Rony mengatakan UMKM Jamal Papua Mart sebagai tindak lanjut dari program kemitraan yang dilakukan antara Yayasan Bina Utama Mandiri (YBUM) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Rony berharap Jamal Papua Mart, Clara Magai dan Munadi sebagai penerima bantuan mampu bertahan menghadapi tantangan dan menjadi contoh usaha bagi masyarakat lokal.

Pimpinan BRI Kabupaten Mimika Suparno siap mendukung kegiatan masyarakat dalam sektor perbankan sehingga meningkatkan pendapatan dari Rp3 juta menjadi Rp30 juta.

Suparno menyatakan pengusaha kecil dan menengah harus diberikan modal dan pendampingan dalam pembinaan pola pikir tertib administrasi dan keuangan agar meningkatkan penghasilan.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika Cherly Lumenta menekankan kerja sama pemerintah daerah PTFI akan mengangkat perekonomian maayarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Mimika menyerahkan pemberian modal usaha Rp5 juta kepada pemilik Jamal Papua Mart melalui program "BRILINK".

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017