Jakarta (ANTARA News) - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan peningkatan produktivitas nasional sangat tergantung kepada tiga faktor yakni sumber daya manusia (SDM), cara kerja dan teknologi.

"Kunci pertama adalah SDM-nya. Jika soft skill maupun hard skill SDM-nya makin baik, produktivitasnya saya yakin makin baik," ujar Menaker pada Rapat Paripurna Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) tahun 2017 di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta Selatan, Rabu.

Sedangkan untuk cara kerja, Menaker mengatakan butuh inovasi dan terobosan berdasarkan ilmu pengetahuan untuk mempengaruhi perubahan cara kerja.

"Itulah kenapa human resources saat ini bertransformasi menjadi human capital," papar Menaker.

Sedangkan faktor ketiga adalah teknologi yang terus berkembang seperti mesin di pabrik rokok dapat menggantikan pekerjaan 4.000 karyawan sehingga dibutuhkan pengembangan SDM sesuai dengan perkembangan zaman.

Kedudukan LPN sebagai lembaga nonstruktural disebut Hanif sangat penting untuk memecahkan persoalan-persoalan terkait produktivitas nasional.

Pada tahun 2017, LPN berhasil menyusun rancangan Instruksi Presiden (Inpres) Percepatan Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing.

LPN juga terus mengembangkan jejaring kelembagaan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing dengan instansi pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan dan masyarakat.

Sedangkan pada tahun 2018, LPN akan mendorong terwujudnya percepatan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing melalui Inpres dan melakukan penguatan dan pengembangan kelembagaan produktivitas di kalangan pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, profesi dan masyarakat.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017