Jakarta (ANTARA News) - Opera Mini melihat masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari 42 menit sehari untuk membaca konten di perambah tersebut.

Berikut ini adalah 10 berita yang paling disukai versi Opera Mini.




10. Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpilih sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Mereka dilantik pada Oktober lalu.




9. Gunung Agung meletus

Gunung Agung menyemburkan abu setinggi 5,5 mil (8,8 km) ke udara pada 30 November 2017. Ribuan turis mancanegara dan lokal terjebak di pulau tersebut karena banyak penerbangan dibatalkan. Hal itu juga menyebabkan kekacauan penerbangan di seluruh wilayah Indonesia. Pada tanggal 8 Desember 2017 pemerintah daerah menaikkan tingkat kewaspadaan ke tingkat tertinggi setelah Gunung Agung memuntahkan awan abu tebal. Lebih dari 60.000 orang diungsikan dari zona bahaya dalam radius 10 km dari gunung berapi tersebut.




8. Pernikahan Kahiyang Ayu

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, menikah dengan kekasihnya Bobby Nasution pada 11 November di Solo, Jawa Tengah. Pernikahan mereka menjadi pesta rakyat.




7. Raisa dan Hamish Daud menikah

Pernikahan kedua selebriti ini menjadi trending topic “Hari Patah Hati Nasional”.




6. Laudya Cynthia Bella menikah dengan Engku Emran

Bella dan Emran menikah di Malaysia pada 8 September 2017, dihadiri oleh sanak keluarga dan kerabat dekat. Engku Emran adalah duda beranak satu dari pernikahan sebelumnya dengan aktris Malaysia Erra Fariza. 




5. Nenek 70 tahun menikah dengan remaja

Selamet Riyadi (16) memulai hubungannya dengan tetangganya, yang lebih tua, Rohaya (73), setelah Rohaya merawat dirinya saat menderita penyakit malaria. Mereka menikah di kampung halaman mereka di Desa Karangendah di Provinsi Sumatera Barat. Pihak berwenang setempat mengizinkan mereka untuk menikah walau sebenarnya batas usia minimal bagi seorang laki-laki untuk menikah adalah 19 tahun.




4. Selebriti terjerat kasus narkoba

Setidaknya tujuh selebriti ditangkap karena memiliki obat terlarang. Penangkapan ini mengagetkan masyarakat Indonesia, terutama ketika beberapa selebriti teratas, termasuk pasangan komedian Tora Sudiro dan Mieke Amalia, penyanyi Ridho Rhoma dan duta penyalahgunaan obat terlarang Pretty Asmara, juga terlibat.




3. Setya Novanto tersangka kasus korupsi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi tersangka dalam kasus korupsi besar. Novanto didakwa melakukan rekayasa untuk menggelapkan dana senilai Rp2,3 triliun atau setara dengan 172 juta dolar Amerika dari proyek e-KTP.




2. Rizieq Shihab menjadi buronan

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab ditetapkan sebagai tersangka kasus pornografi. Ia diduga pergi ke Arab Saudi.




1. Ahok dipenjara

Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, yang saat itu masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, divonis penjara atas tuduhan penistaan agama. Wakilnya, Djarot ditetapkan sebagai gubernur tidak lama setelah Ahok dipenjara, hingga masa jabatannya berakhir pada Oktober lalu.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017