TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- ASEAN-Japan Centre (AJC) menyelenggarakan ASEAN-Japan Women Entrepreneurs' Linkage Program (AJWELP) kedua, yang memberdayakan wanita pengusaha rintisan, di Jakarta, Indonesia pada 3-6 Desember 2017. Event ini digelar bersama oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), bekerjasama dengan Sekretariat ASEAN, ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small and Medium Enterprises (ACCMSME), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ASEAN Business Advisory Council (ABAC), dan ASEAN Women Entrepreneurs Network (AWEN).

Lihat rilis pers multimedia selengkapnya di sini: http://www.businesswire.com/news/home/20171220005351/en/

Kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita merupakan isu terkemuka baik di ASEAN dan Jepang; dan kaum wanita diharapkan mampu memainkan peran penting dalam wujudkan pembangunan masyarakat yang berkesinambungan. Oleh karena itu, tiap negara memiliki kebijakannya masing-masing untuk mendukung partisipasi penuh kaum wanita di tengah masyarakat, dan dengan demikian, pemberdayaan kaum wanita dalam kewirausahaan membutuhkan konsep yang jelas. Untuk itu, AJC menginisiasikan program pertukaran wanita pengusaha pada 2014, di mana AJC mengundang sejumlah wanita pengusaha sukses yang direkomendasikan oleh tiap negara ASEAN ke Jepang untuk membagikan pandangan dan pengalaman mereka dengan para wanita pengusaha di Jepang dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis bersama di masa depan.

AJWELP adalah program perturakan terbaru yang diinisiasikan oleh AJC pada 2016 untuk para wanita pengusaha. Ajang ini menghadirkan dukungan untuk mendorong kaum wanita di ASEAN menjadi pewirausaha. Para peserta diberikan kesempatan untuk belajar menjadi pengusaha yang baik, untuk meningkatkan kemampuan presentasi, dan untuk menciptakan jejaring dengan perusahaan-perusahaan, pengusaha-pengusaha ternama, dan, tentunya, para peserta AJWELP melalui serangkaian program yang terdiri dari lokakarya, presentasi bisnis, dan kunjungan perusahaan.

Sesi presentasi bisnis merupakan program utama AJWELP. Di sini, peserta yang merepresentasikan masing-masing negara anggota ASEAN melakukan presentasi bisnis dan tantangannya di depan perusahaan-perusahaan yang akan menjadi pendukung dan mentor yang merupakan para wanita pewirausaha terkemuka baik dari ASEAN dan Jepang. Peserta memperoleh berbagai dukungan dari para perusahaan dan mentor terkait cara untuk mengembangkan bisnis dan menghadapi tantangannya.

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan AJWELP perdana yang digelar di Manila, Filipina pada November 2016, AJWELP ke-2 merupakan jawaban atas tingginya permintaan dari negara-negara di ASEAN. Event ini diikuti oleh 10 wirausahawati pemula representasi masing-masing negara dan AWEN, dan 10 peserta independen. Di sesi presentasi bisnis, lima wirausahawati, salah satunya adalah Pacita Juan, ketua AWEN, menjadi mentor; sementara itu, 15 perusahaan yang diantaranya adalah PT Aeon Indonesia dan Facebook turut berpartisipasi sebagai perusahaan pendukung dan menawarkan berbagai layanan dan produk mereka kepada peserta. Hasilnya, 10 peserta memperoleh total 74 dukungan (per 14 Desember 2017). "AJWELP adalah sebuah program kewirausahawan yang memotivasi pewirausaha untuk melangkah lebih jauh dalam mengembangkan bisnis mereka dan memperluas jejaring," ujar salah satu peserta.

Melalui AJWELP, AJC bertujuan memperluas bisnis wanita pewirausaha, meningkatkan keterampilan dan kepemimpinannya sehingga berkontribusi pada realisasi pertumbuhan masyarakat berkelanjutan serta peningkatan status kaum wanita.

Laporan AJWELP 2017: http://www.asean.or.jp/en/tourism-info/20171215/

ASEAN-Japan Centre

ASEAN-Japan Centre adalah organisasi antar pemerintah bentukan negara-negara anggota ASEAN dan Jepang pada 1981. Ia telah mempromosikan ekspor dari ASEAN ke Jepang sambil merevitalisasi investasi, pariwisata serta pertukaran orang antara anggota ASEAN dan Jepang. URL: http://www.asean.or.jp/en/

Lihat versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20171220005351/en/

Kontak
ASEAN-Japan Centre
Planning & Coordination Office
Junko Nukiyama
+81-3-5402-8118
toiawase_ga@asean.or.jp

Sumber: The ASEAN-Japan Centre

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017