Balige (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menggalang sejumlah perusahaan milik negara untuk menyalurkan dana sebesar Rp10,2 miliar dalam rangka tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk meningkatkan kualitas sarana fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara.

Penyerahan CSR ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi CEO BUMN di Toba Samosir, Sumatera Utara, yang berlangsung pada 20-21 Desember 2017.

Rakor CEO yang dipimpin Rini tersebut, dihadiri direksi 151 BUMN dan anak perusahaan BUMN, dengan agenda antara lain mendukung pencapaian tujuan pembangunan khususnya investasi (capex) BUMN, akselerasi proyek strategis nasional dalam rangka mendorong konektivitas, kapasitas dan daya saing.

Program CSR ini diharapkan dapat mendorong terciptanya keadilan sosial dan mendukung penguatan peran BUMN sebagai agen pembangunan.

Aktivitas CSR digelar di delapan kabupaten di beberapa lokasi, yaitu Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Dairi, Asahan dan Karo, yang menyasar beberapa fasilitas dan sarana publik seperti pariwisata, pelestarian alam, pendidikan, pendidikan vokasi, sarana ibadah dan kesehatan di Sumatera Utara.

Selanjutnya, sarana pendukung pariwisata mendapatkan bantuan CSR sebesar Rp4,68 Miliar diantaranya dari PT BNI (Persero) Tbk, PT BRI (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BTN (Persero) Tbk, PT Inalum, PT Telekomunikasi Indonesia, Perum LKBN Antara, PT Dok Kodja Bahari, PT INTI, PT Danareksa. PT Perkebunan Nusantara III, PT Pertamina (Persero), PT Jiwasraya, PT PLN, PT Angkasa Pura II, berupa perbaikan jalan, rumah adat, pembuatan gapura, shelter, sarana wisata, gapura dan pengadaan tong sampah.

Sedangkan sejumlah BUMN seperti PT Bank BNI, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Mandiri, PT Bank Tabungan Negara, PT Pegadaian, PT Surveyor Indonesia, PT Kawasan Industri Medan, PT Pos Indonesia, PT Kimia Farma, PT Jamkrindo, dan PT Askrindo melakukan sejumlah kegiatan CSR pada sarana pendidikan sebesar Rp1,27 Miliar berupa taman baca, peralatan sekolah, kapal belajar, komputer, alat kesehatan, dan mobil pintar.

BUMN juga turut melestarikan alam di Sumatera Utara dengan penyaluran bantuan CSR sebesar Rp1,36 miliar, berupa penanaman pohon dan pengadaan becak motor yang merupakan bantuan dari PT Pelindo I-IV dan PT Telkom, PT Semen Indonesia, PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT Jasa Raharja, dan PT Kereta Api Indonesia.

"Ini bentuk apresiasi kami kepada masyarakat Sumatera Utara yang mendukung BUMN dalam menjalankan peran sebagai `agent of development` untuk pembangunan yang merata ke seluruh wilayah di Indonesia dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat," kata Rini.

Ia melanjutkan, Kementerian BUMN memonitor realisasi dari komitmen BUMN untuk memastikan bantuan CSR sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta bisa memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017