Bandung (ANTARA News) - Penyanyi Abdul Wahyu Affandi atau lebih dikenal dengan Doel Sumbang meraih penghargaan Anugerah Karya Budaya Jawa Barat 2017 yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Sabtu, di Bandung, mengatakan, pemberian penghargaan ini agar lebih memacu seniman dan budayawan lainnya untuk terus berkarya.

Selain juga sebagai penghargaan dan dedikasi dalam pelestarian budaya sunda minimal selama 20 tahun.

"Ini penghargaan atas prestasi dan dedikasi dalam pembangunan budaya di Jabar serta bentuk perhatian kami pada pelaku dan pelestari budaya sunda," kata Aher.

Ke depan, lanjutnya, penghargaan budaya tidak hanya akan diberikan pada bidang seni saja tetapi juga bidang lainnya seperti sosial, agama, sastra.

"Saya inginnya seperti itu supaya makna kebudayaannya meluas. Kan sering kali budaya dimaknai dengan seni saja seperti seni rupa, musik, padahal banyak hal-hal lain terkait budaya," ujarnya.

Aher berharap penghargaan tersebut dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi untuk lebih peduli terhadap pengembangan budaya Indonesia.

"Kita hargai tokoh yang secara konsisten dan berkontriusi aktif melestarikan budaya kita," ujar Aher.

Gubernur Aher menyerahkan langsung Piagam penghargaan, sertifikat dan uang kadeudeuh kepada pemenang pada Malam Pemberian Penghargaan Anugerah Karya Budaya Jabar 2017 yang digelar di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (22/12) malam.

Sementara itu Doel Sumbang mengaku tak menyangka akan menerima penghargaan bergengsi tersebut.

"Kalau di dalam lagu Bulan Bisa Ngomong itu ada kata aku kehabisan kata-kata, jadi saya tidak punya kata-kata untuk menyampaikan rasa bahagia ini," ujar Doel.

Ia menerangkan, hanya diundang saja untuk menghadiri anugerah budaya dan diminta untuk menyumbang beberapa lagu.

"Makanya pas tadi ada pengumuman saya kaget sekali karena ngga ada bocoran sedikitpun," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ida Hernida selaku penyelenggara mengungkapkan, bobot penilaian pada pemberian penghargaan kepada kategori maestro seni dan pelestari budaya seni untuk tahun ini lebih berat dan diharuskan memiliki aspek kualitas serta kontinyuitas.

Tim penilai penghargaan anugerah karya budaya Jabar 2017 terdiri dari, Setiawan Sabana selaku ketua dewan juri, Gugun Gunardi, Reiza D Dienaputra, Almarhum Dede Mariana dan Bucky Wikagoe.

Selain Doel Sumbang, Rumah Batik Komar juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori pelestari kebudayaan pada ajang Anugerah Karya Budaya Jawa Barat 2017.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017