Jakarta (ANTARA News) - Indrodjojo Kusumonegoro atau terkenal dengan nama Indro Warkop memiliki cita-cita besar yang dititipkannya lewat berbagai film buatan anak bangsa, termasuk yang berupa film animasi.





Dengan menonton dan menghargai film animasi buatan anak bangsa, Indro ingin film Indonesia berperan menanamkan rasa nasionalisme bagi masyarakat.




"Kita sekarang saatnya menghargai karya anak bangsa, anak muda bahkan. Secara sederhana kita juga sama-sama belajar apa arti nasionalisme," kata pria 59 tahun tersebut di Jakarta, Sabtu.




Menurut pencinta motor besar Harley Davidson itu, rasa nasionalisme yang kuat akan membuat masyarakat tak mudah diadu domba.




"Ketika nasionalisme anak cucu saya benar-benar kuat, Insya Allah tidak bisa diganggu-ganggu, pakai SARA (isu Suku Agama Ras Antargolongan) dan segala macam. Itu cita-cita besar saya yang mungkin terlalu besar," kata Indro.




Menurut Indro, Indonesia memiliki banyak talenta untuk memproduksi film-film animasi berkualitas, terbukti dari beberapa seniman Indonesia yang berkontribusi dalam judul-judul yang sudah mendunia.




"Kalau dilihat kayak film-film Lion King, Upin Ipin itu banyak juga orang Indonesia yang ikutan bikin. Nah, kenapa mereka tidak bikin di sini, itu karena mereka lebih dihargai di sana, di sini belum ada ladangnya," kata Indro.




Dengan menonton dan menghargai film animasi nasional, lanjut Indro, masyarakat Indonesia mampu membuka jalan bagi animator-animator Indonesia untuk bisa berperan di negerinya sendiri.







Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017