PBB (ANTARA News) - Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Jumat (22/12) mengumumkan penunjukkan Henrietta Fore sebagai Direktur Pelaksana badan PBB untuk dana anak-anak, UNICEF.

Praktisi ekonomi pembangunan yang juga mantan pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat tersebut akan memulai tugas barunya di UNICEF pada 1 Januari 2018.

Perempuan yang saat ini masih aktif memimpin perusahaan manufaktur dan investasi, Holsman International, meski sudah memasuki usia 69 tahun tersebut akan menggantikan pejabat Direktur Pelaksana UNICEF sebelumnya, Anthonya Lake, kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan resmi.

UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kepada anak-anak dan ibu di lebih dari 190 negara dan wilayah berkembang, terutama guna menyelamatkan nyawa anak-anak dan membela hak mereka.

Fore adalah perempuan pertama yang menjadi Kepala Badan Pengembangan Internasional AS medio 2006 s.d. 2009. Dia juga menjabat Wakil Menteri bagian manajemen di Departemen Luar Negeri selama masa pemerintahan Presiden George W Bush dan sebagai direktur lembaga percetakan uang United States Mint.

Pewarta: Devi Nindy
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017