Yogyakarta (ANTARA News) - Libur Natal dan Tahun Baru 2018 membawa peningkatan signifikan kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta, menambah jumlah turis pengunjung kota budaya itu menjadi sekitar lima juta sepanjang tahun 2017.

"Libur Natal dan Tahun Baru tahun ini berlangsung cukup panjang sekitar dua pekan dan bersamaan dengan libur sekolah sehingga kunjungan wisatawan ke Yogyakarta akan meningkat signifikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu.

Kawasan Malioboro dan sekitarnya, menurut dia, masih akan menjadi magnet utama penarik wisatawan ke Kota Yogyakarta. Malioboro sudah terjadi sejak sepekan terakhir dan diperkirakan makin padat hingga akhir tahun.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta membuka Tourist Information Center (TIC) sejak Sabtu (23/12) hingga 3 Januari 2018 di Jalan Malioboro untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada wisatawan.

Saat malam pergantian tahun, Yunianto mengatakan, Malioboro akan menjadi salah satu titik perayaan, karenanya jalan akan ditutup untuk kendaraan bermotor.

"Penutupan jalan untuk akses kendaraan bermotor rencananya dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melintas. Hanya untuk pejalan kaki," katanya.

Yunianto mengatakan persiapan untuk menyambut wisatawan akhir tahun dilakukan lintas instansi sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing, mulai dari kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

"Selain TIC, ada juga posko gabungan di beberapa titik seperti di Taman Parkir Abu Bakar Ali, simpang Gejayan, Gembira Loka Zoo dan di Titik Nol Kilometer," katanya.

Ia menambahkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan sudah dilakukan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas meski kepadatan tidak dapat dihindarkan.

"Persiapan tidak hanya dilakukan di tingkat kota saja, tetapi hingga ke kecamatan sehingga wilayah dilibatkan untuk mendukung terciptanya keamanan, ketertiban dan kebersihan selama libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berpesan kepada aparat pemerintah agar bekerja sama dengan masyarakat untuk mendukung terciptanya ketertiban dan keamanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta.

"Persiapan menghadapi libur sudah dilakukan. Yogyakarta menjadi pilihan daerah tujuan wisata pada akhir tahun ini. Kami siap menyambut wisatawan," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017