Jakarta (ANTARA News) - Hari Natal identik dengan salju, tapi tidak demikian dengan perayaan Natal di benua Australia yang memiliki musim berbeda akibat faktor geografi. Berikut adalah lima keunikan dari perayaan natal di benua kangguru seperti dikutip dari Tourism Australia.


1. Natal di pantai

Berbeda dengan negara-negara empat musim lainnya, di benua selatan ini, Natal dirayakan dengan menggunakan baju renang dan celana pendek. Warga Australia merayakan Natal di alam terbuka, seperti di pantai, taman, atau ruang publik lainnya. Rayakan Natal di pantai Bondi di Sydney, atau pantai Scarborough di kota Perth yang baru saja mempercantik diri. Di Australia, Natal adalah tentang mentari hangat khas awal musim panas dan angin pantai yang sejuk.

2. Natal Al Fresco

Kata al fresco berasal dari bahasa Italia yang berarti "di ruang terbuka". Di Australia, makanan Natal dinikmati di alam terbuka bersama keluarga dan kerabat, atau teman terdekat. Berbeda dengan sebagian besar orang di negara lain yang makan daging merah atau kalkun ketika Natal, orang Australia memiliki tradisi makan seafood untuk merayakan momen ini. Udang, lobster, dan ikan-ikanan segar akan disajikan di meja makan untuk disantap di siang hari musim panas yang hangat. Selain seafood, mangga dan ceri adalah buah-buahan yang menandakan Natal sudah tiba di Australia. Jangan lupa segelas minuman dingin untuk membuat suasana Natal yang sangat Australia.

3. Pasar dan karnaval Natal

Salah satu cara terbaik untuk merayakan Natal di Australia adalah melalui perayaan di alam terbuka. Kota Perth menawarkan pertunjukkan Natal unik di Forest Place dengan karnaval Natalnya. Jika Anda singgah di Brisbane, Natal Anda akan dimeriahkan oleh karakter-karakter lucu Warner Bros seperti Tweety dan Bugs Bunny di Warner Bros Movie World di Queensland.

Australia memiliki pasar-pasar Natal yang tak kalah meriah dengan negara-negara Eropa. Pasar-pasar Natal adalah tempat berbelanja terbaik untuk mendapatkan kebutuhan Natal mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga suvenir. Kota-kota besar di Australia memiliki pasar Natal yang sangat meriah salah satunya adalah Queen Victoria Market di Melbourne dan Brisbane Christmas Market.

4. Natal di luar ruangan

Saat Natal orang Australia lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan daripada di dalam. Keluarga-keluarga Australia menikmati kegiatan luar ruangan seperti piknik, mengunjungi kebun binatang, barbeque atau yang biasa disebut “barbie” atau bersantai di taman sambil menikmati bioskop luar ruangan seperti di Brisbane, Sydney dan Melbourne.

5. Carols by Candlelight

Salah satu tradisi Natal tertua di Australia adalah Carols by Candlelight. Tradisi ini dimulai oleh penyiar radio Norman Tyrell Banks pada dekade 1930. Banks membuat kegiatan ini untuk memberikan tempat bernaung bagi orang-orang yang sendirian ketika Natal. Tradisi ini dijalankan oleh keluarga-keluarga di daerah suburban Australia, dimana mereka akan berkeliling di sekitar rumah mereka untuk menyanyikan lagu Natal untuk orang-orang.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017