Bandung (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mencatat, tingkat okupansi hotel saat libur Natal dan tahun baru 2018 sudah mencapai 100 persen.

"Sejak sepekan terakhir ini okupansi hotel meningkat, bahkan sudah mencapai 100 persen," ujar Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari via telepon seluler, Senin.

Kenny mengatakan, data itu diambil dari laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang disebutnya sebagai angin segar bagi pengusaha dan pemerintah, terlebih pada bulan-bulan sebelumnya okupansi hotel melemah.

Pada libur Natal dan tahun baru kali ini, sekitar 400 hotel di Bandung, baik berbintang maupun melati, sudah terisi penuh oleh wisatawan

"Sekarang mungkin liburnya satu minggu apalagi ditambah ada long weekend. Semoga okupansi ini terus-menerus (naik)," katanya.

Ia memprediksi jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Bandung naik. Pada 2016, total kunjungan tercatat 6,9 juta wisatawan. Sementara tahun ini, sudah menyentuh angka hampir tujuh juta belum ditambah saat kenaikan libur natal dan tahun baru.

"Angka riilnya diprediksi delapan persenan. Kenaikan itu kita bisa lihat dari okupansi hotel yang meningkat," tutup Kenny.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017