Jalur Puncak-Cipanas kembali ditutup dari Cianjur

Jalur Puncak-Cipanas kembali ditutup dari Cianjur

Ilustrasi - Antrean panjang kendaraan menuju pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2017). Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak, Bogor, akibat tingginya volume kendaraan di saat liburan panjang Natal 2017. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Cianjur (ANTARA News) - Menjelang siang, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat, kembali melakukan penutupan arus kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak-Cipanas, Bogor dan seterusnya, Selasa.

Penutupan arus kendaraan dimulai dari Perempatan Tugu Lampu Gentur atau lebih dikenal perempatan By Pass itu, untuk mengurai kepadatan kendaraan di kawasan Cipanas, yang terus memanjang.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Rendy Setia Permana, melalui Kanit Turjawali, Ipda Yudistira, mengatakan penutupan arus kendaraan roda empat ataupun lebih itu, sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total di Jalur Puncak-Cipanas.

"Penutupan arus ini sifatnya situasional, hanya untuk mengurai kepadatan yang terjadi di kawasan Cipanas-Puncak. Menjelang siang antrian panjang mulai mengular di kawasan tersebut, sehingga dilakukan upaya penyekatan," katanya.

Pihaknya mengimbau, pengedara roda empat ataupun lebih dengan tujuan Puncak-Cipanas, Bogor dan seterusnya agar menggunakan jalur alternatif melalui Jonggol atau Sukabumi.

"Kami imbau tetap utamakan keselamatan, kalau tetap ingin menggunakan jalur Puncak-Bogor, silakan mencari tempat peristirahatan sambil menunggu arus kendaraan ke arah Puncak kembali dibuka," ucapnya.

Sementara kepadatan arus kendaraan yang terjadi di kawasan Cipanas-Puncak, sudah mencapai belasan kilometer dengan ekor antrian di Jalan Raya Ciherang-Pacet. Laju kendaraan tersendat hingga beberapa menit dan hanya bisa bergerak sejauh beberapa meter.

Antrian kendaraan juga terlihat di sejumlah jalur menuju tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Perumahan bernuansa wisata Kota Bunga, meskipun ratusan petugas diturunkan belum dapat mengurai antrian kendaraan yang terus memanjang.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Bandara Soetta diserbu peraya libur akhir tahun

Komentar