Lonjakannya bisa sampai tiga kali lipat dari hari normal."
Bekasi (ANTARA News) - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Cabang Bekasi, Jawa Barat, mencatat adanya lonjakan jumlah pengunjung hingga 70 persen di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di wilayah setempat selama libur Natal 2017 dan jelang Tahun Baru 2018.

"Lonjakan pengunjung pusat perbelanjaan ini mulai nampak sejak Sabtu (23/12) dan diprediksi terus meningkat hingga 1 Januari 2018," kata Ketua Dewan Pengurus Cabang APPBI Bekasi Djaelani di Bekasi, Selasa.

Lonjakan jumlah pengunjung itu, menurut dia, terpantau oleh pihaknya di 18 pusat perbelanjaan di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi yang masuk dalam keanggotaan APPBI Bekasi.

Mayoritas pengunjung, dikemukakannya, memanfaatkan momentum libur kali ini dengan menyasar sejumlah layanan dari penyewa (tenant) mal, di antaranya yang bergerak di bidang usaha fesyen, kuliner dan bioskop.

"Libur kali ini juga berbarengan dengan libur sekolah, sehingga sejumlah tenant yang bergerak pada bidang penjualan mainan anak maupun wahana permainan juga mengalami lonjakan konsumen," katanya.

Namun demikian, pihaknya belum mengalkulasi prediksi besaran nilai transaksi konsumen di 18 pusat perbelanjaan di wilayah Bekasi.

"Kami belum hitung berapa nilai transaksinya, karena hasil penjualan produk mereka dihitung secara internal perusahaan. Setiap pusat perbelanjaan memiliki nilai transaksi yang berbeda-beda. Yang pasti, peningkatan transaksi itu berkorelasi dengan tingkat kunjungan," katanya.

Secara terpisah, Manajer Marketing Komunikasi Grand Metropolitan Mal Bekasi Farid Syahputra mengatakan ratusan penyewa di lokasi kerjanya saat ini telah menjadi tujuan wisata bagi masyarakat di wilayah Bekasi dan sekitarnya untuk mengisi waktu libur Natal dan menjelang Tahun Baru 2018.

"Hari ini tingkat kunjungan masyarakat bagus. Lonjakannya bisa sampai tiga kali lipat dari hari normal," katanya.

Dia memgasumsikan, tingkat kunjungan pada hari normal berdasarkan valume parkiran kendaraan roda dua dan roda empat mencapai rata-rata 4.000 hingga 5.000 unit kendaraan.

"Bila satu kendaraan kita hitung berisi minimal tiga orang, maka kunjungan hari ini dikalikan tiga," katanya.

Mayoritas pengunjung, dinyatakannya, menyasar aktivitas berbelanja dengan memanfaatkan diskon hingga 70 persen yang disiapkan tenant.

Jumlah penyewa di mal yang berlokasi di Jalan KH Noer Alie, Kalimalang, itu mencapai 130 atau sekira 97 persen dari peruntukan yang tersedia.

Pengunjung mal juga menyasar bioskop untuk menikmati tayang baru perfilman nasional dan luar negeri yang diputar perdana di wilayah itu.

"Saat ini ada tayangan baru, seperti 'Ayat-Ayat Cinta 2' dan 'Jumanji," demikian Farid Syahputra.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017