Banyumas (ANTARA News) - Kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada libur Natal 2017 mencapai lebih dari 8.000 orang.

"Dari pantauan kami dalam tiga hari ini, tingkat kunjungan paling banyak terjadi pada hari Minggu (24/12) karena mencapai 8.991 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Djoko Hariyanto di Baturraden, Banyumas, Selasa.

Sementara pada Senin (25/12), kata dia, tercatat sebanyak 8.885 orang sedangkan pada hari Selasa (26/12) diperkirakan sekitar 6.000 orang karena laporan penjualan tiket belum masuk secara keseluruhan.

Menurut dia, jumlah tersebut menunjukkan adanya lonjakan kunjungan karena pada hari-hari biasa rata-rata hanya sekitar 1.000 orang yang mengunjungi Lokawisata Baturraden.

Kendati demikian, dia memperkirakan puncak kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden telah terlewati, yakni pada hari Minggu (24/12).

"Puncaknya hari Minggu kemarin, selanjutnya diperkirakan rata-rata maksimal 6.000 orang per hari," katanya.

Lebih lanjut, Djoko mengatakan lonjakan kunjungan wisatawan itu menunjukkan bahwa Lokawisata Baturraden hingga saat sekarang masih banyak diminati wisatawan terutama dari luar daerah.

Menurut dia, hal itu terlihat dari banyaknya mobil pribadi berpelat nomor luar daerah seperti Jakarta dan Bandung di tempat parkir Lokawisata Baturraden.

Dengan adanya lonjakan wisatawan tersebut, kata dia, target kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden pada tahun 2017 makin terlampaui.

"Target kunjungan wisatawan pada tahun 2017 semula sebanyak 450.000 orang kemudian dinaikkan menjadi 500.000 orang, namun sampai sekarang sudah lebih dari 600.000 orang. Sementara dari sisi pendapatan, dari target sebesar Rp7,25 miliar sampai sekarang sudah mencapai Rp8,4 miliar," katanya.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Wahyu mengaku sengaja singgah ke Lokawisata Baturraden dalam perjalanannya menuju Yogyakarta untuk merayakan malam pergantian tahun di kota itu.

"Kebetulan saya punya saudara di Purwokerto sehingga kami mampir dan menginap di sana. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta bersama keluarga, saya ajak anak-anak berwisata di Baturraden," katanya.

Menurut dia, Lokawisata Baturraden memiliki pemandangan alam yang indah karena berada di lereng Gunung Slamet dan udaranya sejuk. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017