Jakarta (ANTARA News) - Setelah Bandara Kualanamu Medan, giliran Bandara Soekarno-Hatta Tangerang yang bisa terakses melalui moda transportasi kereta. Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta mulai beroperasi hari ini dengan jadwal keberangkatan pertama pukul 03.47 WIB dari stasiun Sudirman Baru. Untuk tahap uji coba yang berlangsung hingga 1 Januari 2018 tarif yang dikenakan Rp 30.000 dan Rp 70.000 mulai 2 Januari 2018.

Selain Indonesia, di kawasan Asia Tenggara setidaknya sudah ada tiga negara lain yang memiliki fasilitas serupa. Berikut ulasan singkatnya dari berbagai sumber:  

Singapura

Stasiun kereta di Bandara Changi (CG2) bisa diakses dengan berjalan kaki melalui terminal 2 atau 3 menuju stasiun Tanah Merah (EW4). Sesampai di stasiun Tanah Merah, Anda bisa pindah ke kereta di jalur lain sesuai tujuan.

Kereta pertama menuju bandara dari stasiun Tanah Merah berangkat pukul 5.20 pada hari Senin hingga Sabtu dan 5.47 pada hari minggu serta hari libur. Sementara kereta terakhir tujuan bandara berangkat pukul 23.18. Kereta berangkat setiap 32 menit.

Tiket yang digunakan bisa merupakan tiket untuk sekali perjalanan ataupun tiket multitrip untuk melakukan perjalanan dari dan menuju bandara atau tujuan lainnya.

Biaya perjalanan dihitung berdasarkan jarak tempuh. Perjalanan dari bandara Changi menuju stasiun Tanah Merah misalnya, yakni sejauh 6,5 km, memakan biaya 1.16 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 15. 675 untuk satu orang dewasa.   


Malaysia

Sejak 2002 lalu, akses menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) menggunakan moda kereta bisa melalui stasiun terpadu Kuala Lumpur Sentral dengan jarak sejauh 57 kilometer.

Ada dua jenis kereta yang bisa digunakan yakni KLIA Ekspress dan KLIA Transit. KLIA Ekspress berjalan non-stop. Sementara KLIA transit menghubungkan bandara dengan pusat kota dan tiga titik pemberhentian. Kereta ini berangkat paling awal pukul 05.00 dan kereta terakhir pukul 00.00.

Tak ada perbedaan biaya untuk bisa menaiki kedua jenis kereta ini yakni 55 RM atau Rp 182.213 dari KL Sentral.


Thailand

Kereta menuju Bandara Suvarnabhumi tersedia sejak 2010. Kereta berangkat setiap 30 menit dan bisa diakses dari stasiun Phaythai. Jarak dari stasiun Phaythai ke bandara sekitar 28 kilometer dan melalui tujuh stasiun pemberhentian.

Ada dua jenis tiket yang bisa digunakan yakni tiket sekali perjalanan dan Smart Passes pra bayar. Biaya akan dihitung setelah Anda memasukkan tujuan dan jumlah penumpang (maksimal 5 orang). Biaya yang dibutuhkan 15-45 bath atau Rp 6.535-Rp 19.607.  

Kereta beroperasi pukul 06.00-00.00 setiap harinya.  




Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017