Kami mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 33 armada dengan membuka enam dermaga ..."
Merak (ANTARA News) - Penyeberangan Pelabuhan Merak di Banten menuju dan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sehari setelah perayaan Natal 2017 berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki.

"Kami memperkirakan malam ini arus kendaraan dan penumpang juga penyeberangan berjalan lancar," kata Manager Hubungan Masyarakat PT ASDP Pelabuhan Merak Ado Warsono di Merak, Selasa.

Jumlah penumpang, menurut dia, tidak terjadi lonjakan dibandingkan dua hari lalu baik melalui Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni maupun sebaliknya.

Kemungkinan penumpang yang liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di sejumlah daerah di Pulau Sumatera belum kembali ke Pulau Jawa, ujarnya.

Diperkirakan arus balik Natal akan terjadi lonjakan penumpang Senin (1/1) dan Selasa (2/1) karena pekan depan sebagian besar dari mereka kembali bekerja.

"Kami mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 33 armada dengan membuka enam dermaga guna kelancaran arus balik Natal," katanya.

Ia mengemukakan, petugas pengatur lalu lintas bekerja keras untuk kelancaran kendaraan di enam dermaga, sehingga tidak terjadi antrean panjang kendaraan.

"Kami mengimbau pemudik arus balik agar memperhatikan rambu-rambu keselamatan di atas kapal," katanya.

Sejumlah pengemudi kendaraan pribadi mengatakan bahwa selama ini arus penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar mulai dari Pulau Sumatra hingga Pelabuhan Merak.

"Kami mengapresiasi kinerja ASDP cukup baik untuk melayani masyarakat yang merayakan Natal," kata Ignatius Suharyanto (40) seorang pengemudi yang beristirahat di Pos Komando (Posko) Kesehatan Pelabuhan Merak.

Pewarta: Mansyur
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017