Superman, Batman, Thor, dan Sinterklas bersihkan sampah Pantai Kuta

Superman, Batman, Thor, dan Sinterklas bersihkan sampah Pantai Kuta

Petugas kebersihan Kabupaten Badung yang berperan sebagai tokoh "Super Hero" bersama rekannya membersihkan sampah yang terdampar akibat cuaca di Pantai Kuta, Rabu (27/12). Pemkab Badung mengemas kegiatan bersih-bersih pantai dengan menerjunkan 400 petugas termasuk sembilan petugas berperan sebagai tokoh "Super Hero" dan Sinterklas untuk menampilkan atraksi menarik bagi wisatawan agar mampu menepis kesan negatif fenomena sampah serta dampak erupsi Gunung Agung. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Kuta, Bali (ANTARA Nes) - Pada akhir tahun ini, pemerintah Kabupaten Badung, di Bali, memiliki terobosan inovatif dan khas dalam menyosialisasikan Bali aman dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik. 

Mereka mengerahkan sembilan petugas kebersihan yang menggunakan kostum tokoh superhero dan Sinterklas untuk melakukan pembersihan sampah plastik di Pantai Kuta.

"Melalui pesan ini dapat juga sebagai upaya menjaga kebersihan pantai dan menyosialisasikan kepada wisatawan yang datang ke Pantai Kuta bahwa Bali aman dikunjungi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung, Putu Eka Merthawan, di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai itu melibatkan 400 orang petugas kebersihan sejak Pukul 10.00 Wita, dimana sembilan diantaranya menggunakan kostum tokoh superhero, sebut saja Superman, Batman, Thor dan juga ada berpakaian a'la Sinterklas.

Pihaknya mengatakan, upaya bersih pantai ini dilakukan untuk memerangi sampah plastik di Kawasan Pantai Kuta dan sekitarnya. "Petugas kami tidak libur saat tahun baru, hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang datang ke pantai ini," katanya.

Ia mengharapkan, dengan adanya upaya ini dapat mengurangi sampah kiriman di Pantai Kuta dan Eka mengharapkan agar jumlah personel yang disiagakan ini dapat membersihkan seluruh sampah plastik dan batang kayu yang ada dipesisir pantai setempat.

Mantan Kabag Humas Kabupaten Badung mengatakan, total sampah kiriman minggu ketiga Desember 2017 sebanyak 724,5 ton dengan rincian jumlah sampah kiriman Pantai di wilayah Mengwi, Kuta Utara, sebanyak 100.5 ton, jumlah sampah kiriman di Pantai Kuta sebanyak 537 ton.

Kemudian, jumlah sampah kiriman di wilayah Pantai Kuta Selatan sebanyak 57 ton. 

"Dari total sampah kiriman tersebut sudah dapat ditangani dengan dibuang ke TPA Suwung sebanyak 369 ton dengan perincian jumlah sampah di STO Double Six sebanyak 117 ton, jumlah sampah di STO Setra Kuta sebanyak 195 ton, jumlah sampah di STO Batan Camplung sebanyak 57 ton," katanya.

Sementara itu, total komulatif sampah kiriman pada November 2017 hingga minggu ketiga Desember 2017 sebanyak 2.019 ton yang telah dibawa ke TPA Suwung sebanyak 1.284 ton. "Kami prediksi malam tahun baru kami jamin bersih dan aman," katanya.

Untuk sarana prasarana yang disiagakan dalam menangani sampah ini dengan menyiapakan 30 truk, tiga loader dan 700 personel. "Pada 2018 juga akan ada tambahan loader dan dua beach cleaner, sehingga dengan alat ini petugas kami lebih cepat bekerja," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Aksi pungut sampah di pantai Kuta tandai Earth Hour

Komentar