counter

IKM bisa belajar pemasaran gratis lewat video

IKM bisa belajar pemasaran gratis lewat video

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, berfoto bersama Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing KUKM Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian, Rudi Salahuddin, Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, CEO PT Ruang Raya Indonesia (ruangguru.com), Adamas Devara, seusai penandatanganan nota kesepahaman tentang Peningkatan Efektivitas Program Pengembangan IKM melalui Penggunaan Platform Ruangguru di Kementerian Peridustrian, Jakarta, Kamis. (Biro Humas Kementerian Perindustrian)

Jakarta (ANTARA News) - Kerja sama antara Kementerian Perindustrian dan platform Ruangguru memungkinkan Industri Kecil Menengah di seluruh Indonesia belajar pemasaran, pemilihan bahan baku hingga manajemen bisnis secara gratis lewat video. 

Hal tersebut disampaikan Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, usai menandatangani Nota Kesepahaman Bersama tentang Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Sektor Industri melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital dengan CEO PT Ruang Raya Indonesia, Adamas Devara.

"Maksud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk melakukan Kerja Sama di bidang penggunaan platform Ruangguru sebagai sarana berbasis teknologi dan pembuatan Konten Digital Pelatihan Industri (KDPI) sebagai penunjang pelatihan Industri," kata Gati di Jakarta.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman ini, kedua pihak akan bersama-sama menyusun modul pembelajaran yang akan direkam melalui video untuk kemudian dapat diakses oleh IKM di seluruh Indonesia lewat jaringan internet.

Kementerian Perindustrian juga akan memanfaatkan pijakan itu untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang Program e-Smart IKM yang sedang gencar dilakukan.

Pembuatan KDPI sendiri akan mencakup video, soal, dan rangkuman, sebagai penunjang peningkatan kapasitas sumber daya manusia Industri, termasuk IKM.

Sementara itu, Belva menyampaikan bahwa kerja sama tersebut sejalan dengan keberadaan www.ruangguru.com dan aplikasi “Ruangguru” yang

memiliki kepedulian untuk mengembangkan pembelajaran berbasis vokasional melalui pemberdayaan Industri dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Dengan aplikasi ini, semua orang dapat mengakses pelatihan dan pembinaan yang diberikan oleh Kemenperin. Kalau melalui workshop itukan biasanya terbatas, kalau lewat aplikasi ini bisa menjangkau khalayak lebih luas," ungkap Devara.

Kementerian Perindustrian berharap akan semakin banyak IKM yang memanfaatkan platform tersebut nantinya, sehingga peningkatan kapasitas SDM sektor industri dapat dilakukan dengan cepat.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar