counter

Amazon meriahkan liburan Natal dan Tahun Baru dengan persembahan terbanyak

Echo Dot dan Fire TV Stick dengan Alexa Voice Remote jadi produk terlaris kesatu dan kedua di seluruh kategori Amazon

Jumlah barang yang dikirimkan dengan FREE One-Day Shipping atau FREE Same-Day Delivery atau Ultra-Fast Delivery dengan Prime Now meningkat lebih dari dua kali lipat pada musim liburan ini

Usaha kecil dan pewirausaha mengalami musim tersibuk dengan lebih dari satu miliar barang terpesan di seluruh dunia

SEATTLE--(Antara/BUSINESS WIRE)-- (NASDAQ: AMZN)-Amazon merayakan musim liburan Natal dan Tahun Baru terbesarnya dengan mengirimkan barang pesanan pelanggan di seluruh dunia yang memecahkan rekor. Anggota Prime terus bertambah pada musim liburan ini - kenyataannya, dalam waktu sepekan saja, lebih dari empat juta orang mulai menguji coba gratis Prime atau memulai keanggotaan berbayar, guna memperoleh manfaat dari pengiriman gratis selama dua hari, satu hari atau pada hari yang sama, di samping pengiriman ultra cepat selama satu dan dua jam dengan Prime Now.

Para pelanggan membeli ratusan juta produk, termasuk pilihan terbanyak dari usaha kecil dan pewirausaha. Lebih dari satu miliar barang terpesan dari usaha kecil dan wirausahawan di seluruh dunia musim liburan ini - dan hanya selama lima hari, mulai dari Thanksgiving hingga Cyber Monday, hampir 140 juta barang terpesan dari usaha kecil dan pewirausaha. Amazon Devices juga mengalami musim liburan terbaik, dengan menjual puluhan juta perangkat Alexa di seluruh dunia. Echo Dot dan Fire TV Stick dengan Alexa Voice Remote bukan saja perangkat Amazon terlaris musim liburan ini, tapi juga produk terlaris dari pabrikan manapun dalam kategori manapun di seluruh Amazon.

"Sejak awal, kami antusias atas apa yang kami yakin pelanggan kami dambakan - penawaran luar biasa dan harga murah, pengiriman cepat dan gratis, serta banyak pilihan produk terbaik - dan kami terus menyediakan ketiganya, setiap saat. Kami senang orang terus berlangganan Prime musim liburan ini, yang memanfaatkan lebih banyak opsi pengiriman cepat dan gratis ditambah pengiriman baru yang mudah seperti Amazon Key, serta akses awal ke Lightning Deals dan streaming tak terbatas acara televisi dan film, termasuk Prime Originals dan banyak lagi," tegas Jeff Wilke, CEO Worldwide Consumer. "Terima kasih kepada jutaan pelanggan dan ratusan ribu karyawan Amazon di seluruh dunia yang membuat liburan kali ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami mengharapkan kesempatan hebat lagi di tahun mendatang."

Amazon Devices dan Alexa

*Musim belanja liburan tersibuk bagi Amazon Devices, dengan jutaan lagi perangkat terjual di seluruh dunia tahun ini ketimbang musim liburan tahun lalu.

*Jajaran produk Echo bernasib baik pada musim liburan kali ini. Echo menjadi Amazon Device terlaris nomor satu pada musim liburan ini, sekaligus produk terlaris dari pabrikan manapun dalam kategori manapun di seluruh Amazon, dengan menjual jutaan unit.

*Pelanggan membeli Amazon Fire TV Sticks lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada musim liburan tahun lalu. Fire TV terus menjadi jajaran streaming media player nomor satu di AS, Inggris, Jerman, dan Jepang, di seluruh peritel.

*Musim liburan terbaik bagi Fire Kids Edition Tablets dengan penjualan perangkat lebih dari 2,4 kali lipat dari Amazon.com dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

*Perangkat Echo merupakan kado yang amat populer tahun ini, dengan Echo Spot, Echo Dot dan Echo Buttons terjual pada musim liburan ini; pelanggan masih bisa memesan di muka agar mendapatkan antrean dan pesanan akan dilayani secara 'first come, first served.'

*Kindle telah dipasarkan selama 10 tahun pada musim liburan ini.

*Liburan ini, jutaan anggota Prime berbelanja kado, perangkat Amazon dan kebutuhan rumah tangga sehari-hari melalui suara dengan Alexa. Barang terpopuler yang dibeli melalui suara di antaranya Echo Dot, Fire TV Stick dengan Alexa Voice Remote dan TP-Link Smart Plug Mini.

*Alexa ikut mencampur puluhan ribu cocktail pada musim liburan ini dengan Martini dan Manhattan menjadi minuman yang paling banyak dipesan.

*Resep chocolate chip cookie paling banyak diminta pada musim liburan ini.

*"Jingle Bells" menjadi lagu yang paling banyak diminta oleh pelanggan Alexa pada musim liburan ini.

*Kawasan Pantai Timur meminta Alexa memainkan musik liburan 2,5 kali lipat lebih banyak dari kawasan Pantai Barat.

*Pelanggan Alexa menyalakan lampu lebih dari satu juta kali melalui Alexa pada musim liburan ini.

*Pelanggan Alexa meminta puluhan juta lelucon pada musim liburan ini.

*'Ibu' adalah sosok yang paling sering dipanggil di AS dan Jerman, sedangkan 'Ayah' paling sering dipanggil di Inggris pada musim liburan ini.

*Waktu mendengarkan musik di Alexa tiga kali lipat lebih banyak pada musim liburan ini dibandingkan tahun lalu.

*Pelanggan Alexa mengucapkan Selamat Natal, selamat liburan dan Selamat Hanukkah 3,5 kali lipat lebih banyak tahun ini dibandingkan tahun lalu.

*Orang menanyakan kehadiran Santa empat kali lipat lebih banyak pada musim liburan ini dibandingkan tahun lalu.

*Pelanggan Alexa meminta nasihat seputar memasak lebih dari sembilan kali lipat tahun ini dibandingkan tahun lalu.

*Trolls dan Elf menjadi film yang paling banyak diminta melalui Alexa pada musim liburan ini.
 
*Alexa di Fire TV lebih populer dari sebelunya, dengan penggunaan di Amerika Serikat naik 889% dari periode yang sama tahun lalu.

*Pelanggan Alexa menyetel pengatur waktu tiga kali lipat lebih banyak tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Yang Dikirimkan Amazon pada Liburan ini

*Di seluruh Amerika Utara dan Eropa, sejawat di 10 pusat pemenuhan memilih, mengemas, dan mengirimkan lebih dari satu juta paket untuk pelanggan dalam sehari.

*19 Desember 2017 menjadi hari tersibuk pemenuhan pelanggan Amazon pada 2017.

*Pada 2017, kami menambah ukuran jaringan pemenuhan dan pengiriman kami sebesar lebih dari 30% di seluruh dunia.

*Di AS, lebih dari 6.000 trailer dan 32 pesawat Amazon Air membantu pengiriman pesanan liburan kepada para pelanggan pada musim kali ini.

*Antara Thanksgiving dan Natal, Amazon mengangkut cukup banyak paket yang setara dengan lebih dari satu miliar Echo Dots.

*Pesawat barang Amazon Air bisa memuat lebih dari 10.000 Instant Pots.

*Pesanan terakhir Prime Now menjelang Natal dikirimkan dalam waktu 58 menit pada pukul 11:58 malam di Baltimore, MD. Pesanan itu berupa Kid Galaxy Amphibious RC Car Morphibians Shark Remote Control Toy, Crayola Oil Pastels Art Tools, 28 ct.,  dan VTech Click and Count Remote.

Belanja Mobile

*Kelima barang utama yang dipesan pada perangkat mobile di antaranya Echo Dot, Fire TV Stick dengan Alexa Voice Remote dan TP-Link Smart Plug.

*Pelanggan di seluruh dunia yang berbelanja menggunakan Amazon App bertambah hampir 70% pada musim liburan ini.

*Lebih dari 1.400 produk elektronik dipesan per detik menggunakan perangkat mobile pada musim liburan ini.

*Augmented Reality (AR) view paling banyak digunakan pada Cyber Monday. Kursi hitam dengan ottoman menjadi barang terpopuler yang dilihat dengan AR view selama musim liburan ini. Kategori utama yang dilihat dengan AR view di antaranya furnitur, mainan, perangkat Amazon devices, peralatan dapur dan perangkat elektronik konsumen.

Pemberian ke Masyarakat

*Iring-iringan Treasure Truck Amazon dan semi truk Amazon yang dibungkus meriah melakukan pengiriman khusus sebagai bagian dari tur liburan "Delivering Smiles" Amazon. Truk-truk ini berhenti di lebih dari 30 daerah di mana karyawan Amazon tinggal dan bekerja, dengan mendonasikan ribuan barang termasuk mainan STEM, buku, perangkat, dan kebutuhan rumah tangga kepada wanita, anak-anak, dan keluarga kurang mampu. Di akhir tur ini, Amazon mendonasikan US$1 untuk setiap mil perjalanan truk tersebut kepada National Alliance to End Homelessness.

*Tur liburan "Delivering Smiles" memperluas dukungan Amazon kepada anak-anak dan keluarga kurang mampu. Untuk informasi selengkapnya tentang setiap kunjungan nirlaba Amazon selama tur "Delivering Smiles"-nya di AS dan Kanada, klik https://blog.aboutamazon.com/delivering-smiles.

Hiburan Digital

*Tahun ini, musik dari Amazon Music di-stream sebanyak lebih dari empat kali lipat melalui Alexa dibandingkan musim liburan tahun lalu.

*Pendengar Amazon Music suka menggunakan fitur lirik untuk meminta lagu di Alexa selama liburan, dengan meminta lagu "Jingle Bells" lebih banyak daripada lagu meriah lainnya hanya dengan menyebutkan beberapa kata dari lagu tersebut.

*Pendengar ingin bersantai dan melepas lelah pada musim liburan ini, dengan meminta Alexa memutarkan musik "santai" lebih banyak dari musik jenis lainnya melalui Amazon Music.

*Pendengar di New York, Seattle, Chicago, Houston dan San Diego men-stream lebih banyak lagu liburan di Amazon Music via Alexa, daripada kota-kota lain di AS.

*Christmas-nya Michael Bublé kembali menjadi album yang paling sering diputar di Amazon Music selama musim liburan ini.

*"All I want for Christmas is You"-nya Mariah Carey merupakan lagu utama pada liburan Natal yang paling sering di-stream di Amazon Music selama dua tahun berturut-turut.

*The Marvelous Mrs. Maisel yang masuk nominasi Golden Globe menjadi tayangan Prime Original yang paling banyak ditonton selama masa liburan ini.

*The Grand Tour menjadi film seri yang paling sering ditonton pada liburan ini.

*The Big Sick menjadi film Amazon Original yang paling sering ditonton pada musim liburan ini.

*If You Give a Mouse a Cookie menjadi tayangan Kids Prime Original yang paling sering ditonton selama liburan ini.

*Elf menjadi film yang paling banyak dibeli selama liburan ini.

*The Walking Dead menjadi film seri yang paling banyak dibeli selama liburan ini.

*HBO, Showtime dan STARZ menjadi tayangan berlangganan Amazon Channel yang paling sering ditonton pada musim liburan ini, sedangkan Game of Thrones, Shameless dan Power musim tayang saat ini masing-masing menjadi acara televisi yang paling banyak ditonton di setiap channel.

*Pertandingan puncak 10 permainan Thursday Night Football Prime Video musim ini dijadwalkan pada 7 Desember, di saat dua juta penonton di seluruh dunia menyaksikan Atlanta Falcons mengalahkan New Orleans 20-17

*Buku Kindle yang paling banyak dibaca di Amazon First Reads pada 2017 adalah Beneath A Scarlet Sky karya Mark Sulivan

*Audiobook terlaris dan paling banyak didengar di tahun 2017 adalah The Subtle Art of Not Giving s F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life karya Mark Manson, dinarasikan oleh Roger Wayne.

*Audiobook fiksi yang paling banyak didengar di tahun 2017 adalah Harry Potter and the Sorcerer's Stone karya J.K. Rowling, dinarasikan oleh Jim Dale.

*Audiobook yang paling banyak mendapatkan komentar di tahun 2017 adalah Born a Crime karya Trevor Noah, dinarasikan oleh pengarangnya sendiri.

*Menurut grafik Amazon, buku Kindle yang paling banyak dibaca di dijadikan sebagai hadiah di Amerika Serikat pada musim liburan kali ini adalah Origin: A Novel karya Dan Brown.

*Menurut grafik Amazon, para pembaca Kindle di Amerika Serikat menilai buku yang selalu menarik untuk dibaca berulang-ulang pada musim liburan kali ini adalah Year One: Chronicles of the One, Book 1 karya Nora Roberts, telah banyak dibaca-baca berulang-ulang dibandingkan buku-buku lain.

*Menurut grafik Amazon, buku-buku yang masuk dalam daftar Yang Paling Diinginkan tahun 2017 di Amerika Serikat antara lain The Subtle Art of Not Giving a F*ck karya Mark Manson, Hillbilly Elegy karya J.D. Vance, The Handmaid's Tale karya Margaret Atwood, Astrophysics for People in a Hurry karya Neil Degrasse Tyson, dan Sapiens karya Yuval Noah Harari.

*The Handmaid's Tale karya Margaret Atwood adalah buku yang paling banyak dipinjam dari Prime Reading, di seluruh dunia, pada tahun 2017.

*Instant Pot Electric Pressure Cooker Cookbook karya Laurle Randolph, dipublikasikan secara independen melalui Kindle Direct Publishing, menempati posisi teratas grafik Amazon di sepanjang musim liburan - meraih posisi no.1 dalam daftar non fiksi yang paling banyak terjual pada pekan Cyber Monday.

Buku Terlaris Musim Liburan

*Anggota Prime berbelanja lebih dari 100.000 Lightning Deals di Amazon.com dengan menggunakan Prime Early Access.

*Konsumen berbelanja ratusan Deals of the Day di Amazon.com sepanjang musim liburan ini.

*Jutaan konsumen di Amerika Serikat melihat tawaran dengan Watch a Deal.

*Pada musim liburan ini, Whole Foods Market menjual lebih dari 500.000 pon makanan manis di bagian penjualan kue kering di sleuruh wilayah Amerika Serikat - jumlah itu cukup untuk memberi makan Santa lebih dari 6 juta kue kering selama perjalanannya ke seluruh dunia pada malam Natal.

*Di seluruh 13 toko buku Amazon Books, buku nonfiksi terlaris adalah Obama: An Intimate Portrait karya Pete Souza; buku fiksi terlaris adalah Origin karya Dan Brown; buku anak-anak terlaris adalah Diary of a Wimpy Kis #12, The Getaway karya Jeff Kinney; dan buku puisi terlaris adalah the sun and her flowers karya Rumi Kaur.

*Di seluruh 13 toko buku Amazon Books, satu dari tujuh konsumen yang membeli buku juga mendonasikan buku anak-anak kepada badan amal lokal yang membantu anak-anak yang membutuhkan. Buku terlaris yang diberikan ke badan amal lokal adalah buku klasik, Are You My Mother karya P.D. Eastman; buku ini juga adalah buku terlaris di seluruh 13 toko.

*Echo Dot adalah perangkat terlaris di seluruh 13 toko Amazon Books; Kindle Paperwhite adalah Kindle dengan penjualan terlaris; TP-Link Smart Plug adalah aksesoris dengan penjualan terlaris; dan WowWee Fingerlings adalah mainan dengan penjualan terlaris.

*Produk dapur terlaris di Amerika Serikat dan di seluruh dunia adalah Instant Pot DUO80.

*Produk mainan dan game terlaris di Amerika Serikat adalah Nerf N-Strike Elite Strongarm Blaster, sementara produk mainan dan game terlaris di seluruh dunia adalah What Do You Meme? Adult Party Game.

*Produk rumah pintar terlaris di Amerika Serikat dan di seluruh dunia adalah TP-Link Smart Plug.

*Produk perawatan dan kecantikan terlaris di Amerika Serikat meliputi Finishing Touch Flawless Women's Painless Hair Remover, Philips Norelco Multigroom All-In-One Series 3000 dan Oral-B Black Pro 1000 Power Rechargeable Electric Toothbrush, sementara produk terlaris di seluruh dunia adalah Philips Sonicare Diamond Clean Rechargeable Toothbrush.

*Produk perawatan dan kesehatan pribadi terlaris di Amerika Serikat pada musim liburan ini meliputi Fitbit Charge 2, the 23andMe DNA Test, the AncestryDNA: Genetic Testing - DNA Ancestry Test Kit dan Radha Beauty Aromatherapy Top 8 Essential Oils.

*Robot vacuum termasuk di antara produk rumahan terlaris di Amazon.com selama musim liburan ini.

*Produk olahraga terlaris di Amerika Serikat musim ini meliputi Titleist Pro V1 Golf Balls, Wilson NFL MVP Junior Football and Spalding NBA Street Basketball.

*Produk fesyen terlaris di Amerika Serikat di musim liburan kali ini meliputi ASICS Men's GEL Venture 5 Running Shoe, Alex and Ani Initial Expandable Wire Bangle Bracelet, 2.5", Levi's Men's 505 Regular Fit Jean, UGG Women's Classic Short II Boot.

*Produk terlaris dari AmazonFresh di Amerika Serikat pada musim liburan ini adalah pisang organik, lemon, timun, jeruk dan bawang kuning.

*Produk furnitur terlaris di Amerika Serikat meliputi Zinus Memory Foam 12 Inch Green Tea Mattress, LinenSpa 8" Memory Foam and Innerspring Hybrid Mattress dan LINENSPA 6 Inch Innerspring Mattress.

*Produk otomotif terlaris di Amerika Serikat meliputi Dark Seasonal Snow & Ice Car Scraper, NOCO Genius Boost Plus GB40 1000 Amp 12V UltraSafe Lithium Jump Starter dan STANLEY J5C09 Jump Starter.

*Produk perawatan hewan terlaris di Amerika Serikat meliputi PEDIGREE DENTASTIX Holiday Treats for Dogs, KONG Wild Knots Bears Durable Dog Toys dan Taste of the Wild, Canine Formula.

*Produk perawatan bayi terlaris di Amerika Serikat meliputi Nuby Ice Gel Teether Keys, Baby Einstein Take Along Tunes Musical Toy dan Nuby Bundle of 3 Toys, yang juga merupakan produk perawatan bayi terlaris di seluruh dunia.

*Produk kecantikan mewah terlaris di Amerika Serikat antara lain Mario Badescu Facial Spray with Aloe Herbs and Rosewater, stila Stay All Day Waterproof Liquid Eye Liner dan Bioderma Sensibio H2O Micellar Water, Cleansing and Make-Up Removing Solution.

*Produk rumah tangga terlaris di Amerika Serikat antara lain Green Mountain Coffee Keurig Coffee Lover's Variety Pack Single-Serve K-Cup Sampler, 40 Count, the Glaceau Smartwater Vapor Distilled Water, dan Viva Naturals Organic Extra Virgin Coconut Oil.

*Alat-alat dengan penjualan terlaris meliputi Black + Decker LDX 120C 20-Volt MAX Lithium-Ion Cordless Drill/Driver dan the MagnoGrip 311-090 Magnetic Wristband.

*Produk nirkabel terlaris di Amerika Serikat meliputi Tile Mate - Key Finder, Phone Finder, PopSockets: Expanding Stand and Grip for Smartphones dan Tablets and Wemo Mini Smart Plug.

*Peralatan utama dengan penjualan terlaris di Amerika Serikat meliputi Samsung MS11K3000AS 1.1 cu. ft. Countertop Microwave Oven, Danby 120 Can Beverage Center dan NewAir AB-1200 126-Can Beverage Cooler.

*Instrumen musik terlaris di Amazon.com antara lain Snark SN5X Clip-On Tuner for Guitar, Singing Machine SML385BTW Top Loading CDG Karaoke System with Bluetooth, Sound and Disco Light Show, dan Singing Machine SMM-205 Unidirectional Dynamic Microphone.

*Produk-produk outdoor terlaris di Amerika Serikat antara lain Intex Comfort Plush Elevated Dura-Beam Airbed with Built-in Electric Pump, Stanley Classic Vacuum Bottle dan BV Bicycle Light Set Super Bright 5 LED Headlight.

*Produk home improvement terlaris di Amazon.com antara lain Philips Hue White A19 Single LED Bulb (kompatibel dengan Amazon Alexa), Philips Hue White and Color Ambiance 3rd Generation A19 10W Equivalent Dimmable LED Smart Bulb (kompatibel dengan Amazon Alexa) dan Himalayan Glow Pink Salt Lamp.

*Produk perawatan kebun terlaris di Amerika Serikat pada musim liburan kali ini meliputi Weber 6492 Original Instant-Read Thermometer, Snow Joe SJBLZD Telescoping Snow Broom with Ice Scraper dan Bounty Hunter TK4 Tracker IV Metal Detector.

*Produk perkantoran terlaris di Amerika Serikat antara lain Elmer's Liquid School Glue (1 Gallon) - bagus untuk membuat Slime, Georgia-Pacific Spectrum Standard 92 Multipurpose Paper (8.5 x 11 Inches) dan Paper Mate Flair Felt Tip Pens (Assorted Colors, 12-Count).

*Peralatan saintifik, industri dan bisnis terlaris di Amerika Serikat meliputi First Aid Only All-Purpose First Aid Essentials Kit, Rubbermaid Commercial Stainless Steel Oven Monitoring Thermometer dan TOPGREENER TU2154A High Speed USB Charger Outlet.

*TV terlaris di Amerika Serikat pada musim liburan ini antara lain TCL 32-Inch 720p Roku Smart LED TV (2017 Model), Samsung Electronics 40-Inch 1080p Smart LED TV (2017 Model), TCL 49-Inch 4K Ultra HD Roku Smart LED TV (2017 Model) dab Samsung Electronics 55-Inch 4K Ultra HD Smart LED TV (2017 Model).

Fakta Unik tentang Liburan

*Musim ini, konsumen Amazon membeli cukup banyak mainan WowWee Fingerlings Interactive Baby Monkey di Amazon.com untuk digantung dari ujung ke ujung di Empire State Building lebih dari 100 kali.

*Konsumen Amazon.com membeli TV untuk menciptakan hampir 2.500 menara seukuran Space Needle.

*Konsumen Amazon membeli sedikit Star Wars Droid Inventor Kits di Amazon.com dan Imperial-II class Star Destroyer.

*Konsumen Amazon membeli cukup banyak produk Calvin Klein di Amazon.com selama musim liburan untuk diberikan sebanyak lima produk ke setiap pengunjung di Coachella 2017.

*Konsumen Amazon membeli cukup banyak sepatu di Amazon.com selama musim liburan berasal dari Alaska hingga Miami.

*Pada musim liburan ini, konsumen Amazon.com membeli cukup banyak Wickedly Prime Truffle Spreads untuk membuat setengah juta stoberi yang dicelupkan ke dalamnya.

*Konsumen Treasure Truck membeli cukup banyak karangan bunga yang saat ditumpuk, satu di atas yang lain, akan mencapai puncak Empire State Building hampir lima setengah kalinya.

*Konsumen Amazon.com membeli cukup banyak Instant Pop pressure cooker pada liburan ini untuk membuat lebih dari sembilan juta mangkuk cabe sekali masak.

*Konsumen Amazon.com membeli cukup banyak gantungan AmazonBasics untuk menggantung satu pakaian untuk setiap orang di kota Houston, TX - kota terpadat keempat di Amerika Serikat.

*Jika Anda menyusun seluruh copy Jeff Kinney's, The Getaway yang dijual Amazon selama musim liburan, Anda akan mencapai ketinggian 444 Saturn V rockets.

*Jika Anda mengumpulkan keseluruhan copy Leonardo Da Vinci karya Walter Isaacson yang dijual Amazon selama liburan, beratnya akan setara dengan 25.417 galon cat - jumlah yang cukup untuk melapisi langit-langit Kapel Sistine Michelangelo 1.592 setengah kali.

Tentang Amazon

Amazon berpedomankan empat prinsip: obsesi pelanggan ketimbang fokus kompetitor, hasrat akan penemuan, komitmen terhadap keunggulan operasional, dan pemikiran jangka panjang. Ulasan pelanggan, belanja 1-Click, rekomendasi sesuai selera, Prime, Fulfillment by Amazon, AWS, Kindle Direct Publishing, Kindle, Fire tablets, Fire TV, Amazon Echo, dan Alexa adalah beberapa produk dan jasa yang dirintis oleh Amazon. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.amazon.com/about dan follow @AmazonNews.

Lihat versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20171226005146/en/

Kontak
Amazon.com, Inc.
Media Hotline
Amazon-pr@amazon.com
www.amazon.com/pr

Sumber: Amazon.com, Inc.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar