Purwokerto (ANTARA News) - Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalur Purwokerto-Baturraden untuk mengantisipasi kemacetan menjelang hingga usai perayaan Tahun Baru 2018.

"Ada semacam rekayasa lalu lintas, kami buat satu arah, jalur naik kami atur termasuk parkirannya," kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Dalam hal ini, kendaraan dari arah Purwokerto yang akan naik ke Kawasan Wisata Baturraden di lereng selatan Gunung Slamet tetap melalui Jalan Raya Baturraden. Sementara kendaraan yang akan turun dari Baturraden menuju Purwokerto diarahkan melalui Jalan Baturraden Barat.

Kapolres mengatakan berdasarkan hasil evaluasi, penyebab kemacetan di jalur menuju Kawasan Wisata Baturraden adalah lokasi parkir kendaraan dan cara menurunkan penumpang.

Menurut dia, rekayasa lalu lintas tersebut sudah dicoba saat liburan akhir pekan hingga Hari Natal 2017.

"Cukup efektif, tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas. Mudah-mudahan tanggal 1 Januari 2018 maupun malam tahun barunya lancar juga," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya juga akan mengamankan tempat-tempat keramaian perayaan malam pergantian tahun seperti Alun-Alun Purwokerto termasuk sejumlah ruas jalan dan gereja.

"Pada prinsipnya, kami mencoba supaya tidak terjadi kemacetan pada saat malam tahun baru. Kami berusaha untuk tidak ada ancaman-ancaman yang merugikan masyarakat, khususnya ancaman teror," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menempatkan pasukan menyebar di seluruh wilayah Banyumas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017