Jakarta (ANTARA News) - Tahun ini Indonesia para penikmat musik tanah air terutama genre K-pop cukup berbahagia, karena para idola mereka bergiliran datang menggelar konser dan mengadakan temu penggemar, mulai dari BTS hingga band indie Hyukoh.

Kendati begitu, bukan berarti pecinta musik barat gigit jari. Beberapa musisi pop barat juga datang, mengobati kerinduan para penggemar mereka, sebut saja band legendari Air Supply hingga Boyzlife.  Berikut konser dan acara temu penggemar musisi K-pop dan barat selama 2017:  
Hyukoh

Band indie asal Korea Selatan Hyukoh menghibur para musik tanah air lewat gelaran konser yang berlangsung November lalu.  Ini merupakan penampilan perdana band beranggotakan Oh Hyuk, Lim Hyun-jae, Im Dong-gun dan Lee In-woo di Indonesia.


Band indie asal Korea Selatan, Hyukoh (ANTARA News/HO)


Music Bank


Sejumlah musisi Korea Selatan yakni boy group NCT 127, B.AP., EXO, Astro, GFriend tampil dalam gelaran Music Bank in Jakarta pada November lalu. Acara itu dipandu oleh aktor Park Bo Gum serta Irene Red Velvet dan Lolita Agustine.

Sebelumnya, konser Music Bank hadir di Indonesia pada 2013, ketika Super Junior, SHINee, 2PM, Beast, Infinite, Sistar, Teen Top, dan Eru tampil dalam acara yang dipandu oleh Kyuhyun Super Junior, Ock Taecyeon 2PM dan Nadia Mulya.


Park Bo Gum (tengah) bersama Irene Red Velvet (kanan) dan Lolita Agustine dalam gelaran "Music Bank in Jakarta", Sabtu (2/9) malam di Jiexpo Kemayoran. (Star Media Nusantara)



Taeyang BIGBANG
Salah satu personel BIGBANG, Taeyang menggelar konser solonya, “White Night in Jakarta” pada Oktober lalu di kawasan ICE BSD. Tak hanya lagu solonya, Taeyang juga juga membawakan lagu band nya “Last Dance” dalam konsernya itu.


Personel boyband BIGBANG, Taeyang, menggelar konser bertajuk "Taeyang 2017 World Tour White Night in Jakarta" di Jakarta, Jumat (13/10/2017). (HO/ IME Indonesia)



MLTR
Grup band pop rock asal Denmark, Michael Learns to Rock (MLTR) manggung di Palembang pada Oktober lalu dalam rangkaian tur keliling Asia, “Eternal Asia Tour 2017".

Konser Michael Learns To Rock Personil Michael Learns to Rock (MLTR) Kare Wanscher (kanan), Jascha Ritcher (tengah), Mikkel Lentz (kiri) membawakan lagu saat konser di Palembang Sport and Convention Center, Sumsel, Jumat (6/10/2017). Pada konser yang bertajuk Eternal Asia Tour itu MLTR menampilkan 21 lagu unggulan. (ANTARA /Feny Selly)


SEVENTEEN (SVT)


Band beranggotakan 13 orang personel itu menggelar konser “Diamond Edge” di ICE BSD pada September 2017. S. Coups, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi, DK, Mingyu, The8, Seungkwan, Vernon, dan Dino tampil kali kedua di hadapan Carat--penggemar Seventeen-- di Indonesia. Sebelumnya mereka sempat datang ke Jakarta dalam gelaran Seventeen 1st Fan Meeting Asia Pacific Tour 2016: Shining Diamonds  pada Agustus 2016.


Boy group SEVENTEEN (instagram.com/saythename_17) (instagram.com/saythename_17)




G-Dragon BIGBANG
Leader boy group BIGBANG, G-Dragon menyapa para penggemarnya di Indonesia melalui konser solonya “G-Dragon 2017 World Tour Act III:M.O.T.T.E pada September tahun ini. ACT III: M.O.T.T.E: Moment of Truth The End merupakan tur dunia kedua yang dilakukan oleh G-Dragon. Sebelumnya, penyanyi asal Korea Selatan itu menggelar tur dunia pertama bertajuk 1st World Tour: One of a Kind di mana dia juga mampir ke Jakarta pada Juni 2013.

Leader boyband BIGBANG G-Dragon dalam konser solonya bertajuk "G-Dragon 2017 World Tour Act III: M.O.T.T.E" yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Hall, Serpong, Minggu (3/9/2017). (ANTARA News/ Arindra Meodia)


NCT 127, DNCE dan AmPm
Boy group NCT 127 menyapa para Nctzen -- sebutan penggemar NCT 127-- di Indonesia kali pertama pada gelaran konser “Spotify on the Stage” pada Agustus 2017 . Walau bukan konser tunggal, group beranggotakan Taeyong, Taeil, Jaehyun, Johnny, Winwin, Doyoung, Haechan, Mark dan Yuta itu sempat membawakan lima lagu andalan mereka yakni "Fire Truck","Limitless", "Good Thing", dan "0 Mile" serta menutupnya dengan "Cherry Bomb". Sebulan kemudian, mereka tampil kembali dalam gelaran Music Bank in Jakarta.

Selain NCT 127, band asal Amerika Serikat dan DNCE, lalu AmPm asal Jepang juga menyapa para penikmat musik tanah air dalam gelaran konser lintas negara itu.



NCT 127 dalam gelaran "Music Bank in Jakarta" yang berlangsung pada Sabtu (2/9) malam di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. (Star Media Nusantara)


Day6
Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon menyapa para penngemar mereka di Indonesia dalam "Day6 Live & Meet in Jakarta" pada Agustus lalu. Mereka tampil lagi di Jakarta pada November 2017.


Boy group Day6 (instagram.com/day6kilogram) (instagram.com/day6kilogram)


Taeyeon dan Hyoyeon SNSD
Walau bukan dalam gelaran konser tunggal, dua personel girl group SNSD atau Girls' Generation, Taeyeon dan Hyoyeon tampil di Indonesia membawakan sejumlah lagu-lagu solo mereka dalam "Countdown Asian Games 2018" yang berlangsung di Monas, Jakarta pada Agustus lalu.


Anggota Girl Band Korea SNSD Taeyeon beraksi dalam Countdown Asian Games 2018




CNBLUE

Jung Yonghwa, Lee Jonghyun, Kang Minhyuk dan Lee Jungshin menuntaskan kerinduan para Boice--sebutan penggemar CNBLUE, di Tanah Air pada Juli 2017 melalui  gelaran konser bertajuk "2017 CNBLUE LIVE (BETWEEN US) in Jakarta". Sebelumnya para pelantun "Can't Stop" itu pernah mampir ke Indonesia pada 2013 lalu.





Grup band CNBLUE dalam gelaran konser bertajuk "2017 CNBLUE LIVE (BETWEEN US) in Jakarta", di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (15/7) malam. (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa)




VIXX
Boy group VIXX menggelar temu penggemar dalam tajuk “VIXX Fanmeeting Tour in Jakarta” pada Juli lalu. Dalam acara itu N, Leo, Ravi, Ken, Hongbin dan Hyuk juga sempat menampilkan lagu hit mereka seperti “On & On”, “Hyde” dan “Eternity”.



VIXX (Twitter.com/@RealVIXX)






Boyzlife
Mantan personil Westlife Brian McFadden bersama personil Boyzone Keith Duffy menggelar konser perdananya di Jakarta pada Mei 2017. Lagu Westlife seperti “World of Our Own”, dan Boyzone berjudul "Words" juga mereka nyanyikan kala itu.







Mantan personil Westlife Brian McFadden (kiri) mengungkap awal dirinya membentuk grup duo Boyzlife bersama personil Boyzone Keith Duffy (kanan) dalam temu media di Jakarta, Minggu (21/5/2017). (ANTARA News/ Arindra Meodia)






BTS
BTS  menggelar konser pertama mereka di Indonesia “'2017 BTS LIVE TRILOGY EPISODE III THE WINGS TOUR in Jakarta” pada Mei 2017. RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jimin dan Jungkook tampil energik saat itu.




Bangtan Sonyeondan (BTS) (wikipedia.org)






Air Supply
Band legendaris Air Supply menghibur para penggemarnya di Indonesia melalui gelaran konser mereka bertajuk "Celebration of Love" di Jakarta, Maret lalu. Lagu "Sweet Dreams" menjadi pembuka konser band beranggotakan Graham Russell dan Russell Hitchcock itu. Pada Desember ini mereka kembali datang menyapa para penggemar di Indonesia melalui gelaran konser bertajuk serupa di Surabaya dan Bandung. 






Konser Air Supply Dua personil Air Supply Graham Russell (kiri) dan Russell Hitchcock (kanan) beraksi saat konser "40th Anniversary" di Jakarta, Jumat (3/3/2017). Dalam konsernya grup soft rock asal Australia tersebut membawakan sejumlah lagu diantaranya Good Bye, All Out of Love dan Making Love Out Of Nothing At All. (ANTARA/Muhammad Adimaja)




Shane Filan
Shane Filan yang pernah berkiprah dalam boy group Westlife (yang akhirnya bubar), tampil di Jakarta pada Maret 2017. Dia menyanyikan lagu-lagu hits Westlife seperti "Swear it Again" dan "My Love" dan membuat para penonton menjerit dalam konser itu.




Shane Filan dalam temu media di Jakarta, Senin (13/3/2017). (ANTARA News/ Arindra Meodia)







Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017