Jakarta (ANTARA News) - Arsene Wenger menyamai rekor memimpin pertandingan Liga Inggris Sir Alex Ferguson sebanyak 810 laga Liga Premier saat Arsenal menang 3-2 melawan Crystal Palace di Selhurst Park, Jumat pagi tadi.

Wenger akan menciptakan rekor baru di Liga Inggris ketika The Gunners melawat West Bromwich Albion pada Tahun Baru.

Berikut perbandingan kedua pelatih Liga Inggris yang legendaris ini, dikutip dari Sky Sports.

KEMENANGAN DAN GOL


Wenger mencetak 468 kemenangand ari 810 pertandingan atau statistik sangat sehat 58 persen.  Tetapi angka itu ternyata kalah kelas dibandingkan dengan si mantan manajer Manchester United.
Ferguson memenangkan 528 pertandingan liga selama karirnya atau persentase kemenangan 65 persen. Oleh karena itu Wenger mesti berlari lebih kencang lagi untuk mengatasi perbedaan tajam ini.
Pelatih asal Prancis ini seri 29 kali lebih banyak ketimbang dicapai Ferguson dan kalah 31 kali pertandingan lebih banyak dibandingkan dengan catatan Sir Alex.
Arsenal di bawah asuhannya telah kemasukan 78 gol lebih banyak ketimbang United di bawah Ferguson, selain mencetak defisit 103 gol dari catatan United sewaktu diasuh Sir Alex.
Mengingat masih ada 56 pertandingan Liga Premier lagi sebelum akhir musim ini, maka  Wenger bisa memecahkan rekor gol Ferguson.

POIN DAN PIALA

Rekor poin Ferguson sedikit di atas Wenger. Mantan bos United itu sudah mempersembahkan 1.752 poin dari Lig Premier selama karirnya, sedangkan Wenger mencatat 1.601 poin. Artinya, Wenger punya rata-rata 1,98 poin per pertandingan, sedangkan Ferguson 2,16 poin per pertandingan.
Perbedaan kecil itu sangat penting. Wenger tiga kali menjuarai Liga Premier, sedangkan Ferguson 13 kali.

PENGHARGAAN

Wenger tiga kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik, selain satu lagi bersama Jose Mourinho.
Tapi catatan itu bukan apa-apanya dibandingkan dengan Ferguson yang 11 kali menjadi pelatih terbaik Liga Inggris antara 1994 dan 2013. Rekor ini kemungkinan tak akan bisa disamai Wenger.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017