Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengimbau wisatawan yang akan menghabiskan libur panjang akhir tahun di Yogyakarta untuk lebih banyak menggunakan angkutan umum dibanding kendaraan pribadi.

"Ada banyak moda transportasi umum yang bisa dimanfaatkan untuk masuk ke Yogyakarta seperti bus Transjogja, taksi konvensional maupun online atau kendaraan online lain," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho di Yogyakarta, Jumat.

Wirawan mengatakan, pemanfaatan moda angkutan umum akan menekan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Yogyakarta sehingga mengurangi kepadatan lalu lintas.

Salah satu penyebab kepadatan lalu lintas di Kota Yogakarta selama libur panjang akhir tahun, lanjut Wirawan adalah kendaraan pribadi wisatawan berputar-putar mencari lokasi parkir yang kosong.

Sejumlah lokasi parkir yang dapat dimanfaatkan di antaranya Tempat Khusus Parkir Abu Bakar Ali, Senopati, dan Ngabean. Namun, kapasitas yang ada terbatas sehingga disediakan tempat parkir alternatif seperti di parkir barat Stasiun Tugu, Ketandan, dan beberapa lokasi parkir milik swasta di Jalan Mangkubumi.

"Dimungkinkan masih ada beberapa titik parkir yang diselenggarakan masyarakat. Harapan kami, tarif yang diterapkan tetap pada batas yang wajar," katanya.

Sedangkan pada malam pergantian tahun, Wirawan memperkirakan akan ada titik-titik parkir insidental di beberapa ruas jalan yang diselenggarakan oleh masyarakat seperti di sirip-sirip jalan di kawasan Kotabaru.

"Kebutuhan kantong parkir memang tidak dapat dielakkan. Parkir di tepi jalan umum bisa dilakukan asalkan di titik yang sudah ditetapkan dengan tetap memperhatikan kondisi arus lalu lintas di jalan tersebut. Kalau tidak, keberadaan parkir akan menghambat arus lalu lintas," katanya.

Ia pun mengingatkan kepada pengguna kendaraan untuk memperhatikan lokasi yang digunakan sebagai tempat parkir. "Jangan parkir di dekat simpang karena akan sangat mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Oleh karena itu, Wirawan kembali mengingatkan agar wisatawan yang akan menghabiskan libur akhir tahun di Yogyakarta menggunakan angkutan umum. "Kendaraan diparkir agak jauh pun tidak masalah. Saat masuk kota, gunakan kendaraan umum," katanya.

Wirawan memperkirakan, kondisi arus lalu lintas di Kota Yogyakarta akan kembali normal pada 3 Januari saat libur akhir tahun sudah berakhir.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017