Jakarta (ANTARA News) - Manchester United menutup tahun 2017 dengan tiga kali hasil imbang berturut-turut yang memaksa mereka turun ke posisi tiga klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-21, Sabtu waktu setempat (30/12).

Pasukan Jose Mourinho itu hanya bermain imbang 0-0 atas tamunya, Southampton, di Old Traford pada Sabtu malam, setelah ditahan Burnley dan Leicester dengan skor 2-2 pada dua laga sebelumnya.

Tim berjuluk Setan Merah itu pun melorot ke peringkat tiga pada tabel klasemen dengan perolehan 44 poin, tertinggal satu angka dari Chelsea yang naik ke posisi dua dan terpaut 14 angka dari pemuncak klasemen Manchester City.

Adapun Southampton naik satu tingkat ke urutan 13 setelah mengumpulkan 20 poin.

Manchester United yang memiliki 54 persen penguasaan bola hanya mampu melepaskan tiga sepakan tepat sasaran, menyamai jumlah tendangan Southampton yang lebih banyak menunggu untuk melancarkan serangan balik.

Pada babak pertama, Manchester United terpaksa menarik Romelu Lukaku keluar dari lapangan karena mengalami cedera kepala akibat berbenturan dengan Wesley Hoedt dalam duel udara dan memasukkan Marcus Rashford.

Pemain Manchester United menuntut hadiah penalti atas pelanggaran handball yang dilakukan Yoshida saat Pogba mengirimkan umpan kepada Jesse Lingard. Namun, penalti itu tidak diberikan wasit pada menit 34.

Sedangkan, peluang emas Lingard dari umpan kerja sama segitiga antara Pogba, Mkhitaryan dan Juan Mata juga tidak berbuah gol karena bola melebar pada menit 44.

Pada babak kedua, Southampton mengambil inisiatif serangan dari sektor sayap. Umpan-umpan panjang yang dilepaskan Ward ke kotak penalti cukup merepotkan pertahanan United, kendati Shane Long yang berada di posisi itu tidak mampu mengubahnya menjadi gol.

Pogba hampir merayakan golnya ke gawang Southampton sebelum gol itu dibatalkan wasit yang melihat gelandang Prancis itu telah dalam posisi offside pada menit 82.

Anthony Martial yang masuk sebagai pemain pengganti Mkhitaryan memang memberikan warna baru dalam serangan United. Martial yang beroperasi di sektor sayap beberapa kali mengancam saat mengalihkan bola ke sisi tengah, menuju gawang tim tamu.

Hanya saja, serangkaian serangan tersebut tidak juga berbuah gol sehingga skor 0-0 bertahan hingga laga selesai, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Man United:
De Gea, Young, Jones, Lindelof, Shaw, Matic, Pogba, Mkhitaryan, Mata, Lingard, Lukaku
Cadangan: Romero, Rojo, Martial, Blind, Rashford, Herrera, Tuanzebe.

Southampton: McCarthy, Stephens, Hoedt, Yoshida, McQueen, Ward-Prowse, Romeu, Hojbjerg, Tadic, Long, Boufal
Cadangan: Forster, Davis, Lemina, Gabbiadini, Redmond, Pied, Bednarek.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017