Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sekitar 104.000 unit kendaraan akan kembali ke Jakarta via Tol Jakarta-Cikampek, Senin, pascalibur parayaan tahun baru 2018.

"Jumlah ini diproyeksikan meningkat sekitar 48,5 persen dari situasi normal sebanyak 70.000 unit kendaraan," kata Humas PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam siaran pers yang diterima Antara di Bekasi.

Menurut dia, hari ini merupakan puncak arus balik libur tahun baru mengingat pada Selasa (2/1) mayoritas pekerja sudah kembali beraktivitas seperti biasanya di tempat kerja mereka masing-masing.

Jumlah kendaraan itu dihitung pihaknya berdasarkan volume transaksi berkendara di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk yang mengarah dari Cikampek menuju Jakarta dan sekitarnya.

Dikatakan Dwimawan, gelombang arus balik liburan itu telah dimulai sejak Minggu (31/12) di mana tercatat volume lalin yang melintasi GT Cikarang Utama sebanyak 65.629 unit kendaraan.

"Angka ini naik 15,14 persen dari prediksi sebanyak 57.000 kendaraan, namun turun sebesar 23,69 persen dari lalin normal sebanyak 86.000 kendaraan," katanya.

Sedangkan pengendara yang melalui GT Cileunyi Jalan Tol Purbaleunyi tercatat volume lalin sebanyak 26.758 kendaraan.

"Angka ini naik sebesar 0,34 persen dari kondisi normal 26.667 kendaraan," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi.

"Untuk memastikan kelancaran perjalanan, Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018