Kemarin, hari pertama Jokowi pada 2018 hingga Pertamina kelola Blok Mahakam

Kemarin, hari pertama Jokowi pada 2018 hingga Pertamina kelola Blok Mahakam

Pertamina resmi mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dari Total E&P Indonesie mulai 1 Januari 2018. (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pemberitaan pada Senin (1/1) kemarin masih berkaitan dengan perayaan Tahun Baru 2018, mulai dari kegiatan Presiden Joko Widodo pada awal tahun serta meriahnya pesta pergantian tahun yang "tanpa noda" walaupun menyisakan 780 ton sampah di DKI Jakarta.

Selain itu, ada juga penemuan stempel tanah liat bertuliskan "milik gubernur kota" di Yerusalem, pencapaian Arsene Wenger di Arsenal dan dimulainya pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur, oleh PT Pertamina (Persero) per 1 Januari 2018.

Berikut ringkasannya:

Presiden bermain dengan Ethes di teras Gedung Agung

Presiden Joko Widodo mengisi hari pertama tahun baru dengan bermain bersama cucu pertamanya, Jan Ethes Sri Narendra, di teras Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung pada Senin pagi.

Presiden mengenakan kaos biru bercelana panjang hitam dan Ethes mengenakan pakaian motif kotak-kotak hitam putih.

Putra pertama Presiden, Gibran Rakabuming Raka, juga mendampingi bermain.


Meriahnya perayaan pergantian tahun tanpa "ternoda"

Perayaan pergantian tahun 2017 ke 2018 disambut dengan meriah oleh warga Jakarta dan kota-kota sekitarnya dengan berbagai atraksi dan kegiatan.

Pemerintah DKI Jakarta menyambut datangnya tahun 2018 dengan berbagai perayaan, seperti panggung hiburan hingga nikah massal yang dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) dan Jalan Thamrin hingga Jalan Sudirman.

Meriahnya berbagai hiburan yang terpusat di Monas dan di berbagai tempat hiburan, seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu berjalan aman dan damai, tanpa "ternoda" kejadian yang luar biasa. Polda Metro Jaya didukung TNI dan aparat lainnya telah bahu membahu dalam mengamankan pesta pada penghujung tahun 2017 ini. 



Perayaan pergantian tahun sisakan 780 ton sampah

Perayaan pergantian tahun yang diselenggarakan di beberapa lokasi di DKI Jakarta menyisakan sampah sebanyak 780 ton, lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 700 ton.

"Sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu karena Jalan Sudirman-Thamrin dibuka dan kawasan Ancol dibuka," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Isnawa Adji menuturkan pada malam perayaan pihaknya memantau seluruh titik keramaian di Jakarta dan begitu acara selesai serta masyarakat mulai meninggalkan tempat, proses pembersihan langsung dimulai.


Israel temukan stempel "Gubernur Yerusalem" berusia 2.700 tahun

Tim arkeolog Israel pada Senin mengungkapkan penemuan stempel tanah liat berusia 2.700 tahun milik pemimpin kerohanian kota Yerusalem.

Artefak itu, yang bertuliskan "milik gubernur kota" dalam bahasa Ibrani kuno, diduga menempel dalam paket atau dikirim sebagai cendera mata atas nama pemimpin kota itu, jabatan tertinggi di Yerusalem pada waktu itu, kata badan Otoritas Antik Israel.

Stempel itu, yang berukuran sekira mata uang logam, bergambar dua orang tengah berdiri saling berhadapan dengan posisi sama. Stempel itu ditemukan di dekat Tembok Ratapan, kawasan Kota Tua Yerusalem.



Pertamina resmi kelola Blok Mahakam

PT Pertamina (Persero) secara resmi mengelola Blok Mahakam, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 1 Januari 2018 dari peralihan Wilayah Kerja (WK) Mahakam milik Total E&P Indonesie.

Proses peresmian serah terima pengelolaan WK Mahakam diawali dengan penyerahan kembali pengelolaan WK Mahakam dari TEPI & Inpex kepada Pemerintah yang dalam hal ini diwakili Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, untuk selanjutnya diserahkan kepada PT Pertamina (Persero) yang diwakili oleh Direktur Hulu Syamsu Alam.


Ferguson sanjung Wenger usai pecahkan rekor 811 pertandingan

Sir Alex Ferguson memberikan penghormatan kepada Arsene Wenger yang telah memecahkan rekor milik mantan pelatih Manchester United itu saat melakoni pertandingan ke-811 di Liga Inggris, Minggu (31/12) waktu setempat.

Hasil imbang 1-1 antara Arsenal melawan West Brom pada Minggu malam memastikan bahwa Wenger telah melampaui catatan 810 pertandingan yang dipegang Ferguson selama 27 tahun memimpin Manchester United.

Ferguson yang tidak mengira rekornya akan dilewati pelatih lain langsung memberikan pujian kepada Wenger yang setia menemani Arsenal sejak 1996. "Saya memuji Arsene karena melampaui rekor saya dalam memimpin 810 pertandingan Liga Premier," kata Ferguson melalui Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA), Senin.



Iklan Nike pasang nama Coutinho pada seragam Barcelona

Produsen peralatan olahraga Nike mengundang banyak spekulasi seputar masa depan pengatur permainan Liverpool Philippe Coutinho, setelah mereka memasang namanya pada iklan di situs mereka untuk mempromosikan seragam Barcelona.

Iklan itu, yang berbunyi "Philippe Coutinho siap menerangi Camp Nou," dihapus segera setelah muncul dan masih belum jelas apakah iklan itu murni atau situs tersebut telah diretas, demikian dilaporkan BBC dan media Inggris lainnya.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Tanggulangi COVID-19, pemerintah kembali ubah libur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar