Merak (ANTARA News) - Penumpang arus balik liburan Natal dan Tahun Baru melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni,Lampung masih tinggi.

Berdasarkan data produksi penumpang dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Selasa (2/1) pukul 20.00 WIB sampai Rabu (3/1) pukul 08.00 WIB tercatat 23.224 orang diantaranya penumpang pejalan kaki sebanyak 6.958 orang dan penumpang di atas kendaraan 16.266 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan roda dua sebanyak 742 unit, bus 188 unit, truk 471 unit dan roda empat lebih 2.629 orang.

"Kami menilai penumpang arus balik Natal dan Tahun Baru sebanyak itu cukup tinggi," kata Manager Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Ado Warsono saat dihubungi di Merak, Rabu.

Menurut Ado, saat ini penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang maupun antrean kendaraan.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak juga mengoperasikan kapal "roll on roll off" atau Ro-Ro sebanyak 32 armada dengan penyeberangan pulang pergi sebanyak 120 trip.

Selain itu juga memaksimalkan enam dermaga agar kendaraan yang tiba di dermaga bisa langsung diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni.

Disamping itu juga kegiatan bongkar muat dipercepat dari semula 60 menit menjadi 30 menit.

Selama ini, kata dia, arus balik Natal dan Tahun Baru berlangsung lancar,meski terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan.

Mereka penumpang arus balik belum semua pulang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera karena masih liburan sekolah

"Kami memprediksi puncak arus balik akan terjadi Sabtu (6/1) karena pekan depan sudah memasuki sekolah," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018