Babel siap gelar 127 event pariwisata

Babel siap gelar 127 event pariwisata

Dokumentasi--Sejumlah warga melintas usai turun dari pesawat yang mengangkut mereka di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel), Rabu (20/7/2016). Meningkatnya kunjungan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri di pulau yang berjuluk Pulau Laskar Pelangi tersebut mendorong pemerintah berencana mengembangkan bandara melalui pembenahan infrastruktur seperti terminal dan perpanjangan landasan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pangkalpinang (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2018 akan menggelar 127 event pariwisata skala provinsi, nasional dan internasional, guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Event pariwisata tahun ini sesuai hasil koordinasi dengan tujuh kabupaten/kota, dalam mempercepat pembangunan sektor pariwisata di daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Babel Rivai di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan sebanyak 127 event pariwisata tahun ini berupa event olahraga, wisata dan budaya, misalnya MXGP dan Triathlon yang akan digelar di Kabupaten Bangka.

Sedangkan event pariwisata tingkat nasional dari Kementerian Pariwisata yaitu Festival City On Fire di Kabupaten Bangka Selatan, Cheng Beng di Tongachi Beach Kabupaten Bangka, Pesona Beach di Belitung dan Festival Tanjung Kelayang.

"Pada tahun ini pemerintah provinsi akan menggelar beberapa event diantaranya Babel 10 K, Advancer Trail, Jetsky Race, Motorcross dan Jazz on the Beach yang akan digelar di Pangkalpinang dan Belitung," ujarnya.

Selanjutnya, Disbudpar juga akan menggelar event Festival Budaya Melayu pada Juni 2018 bersamaan dengan event MXGP tingkat Internasional.

"Dari 127 event hanya event festival budaya melayu saja yang anggarannya dari Disbudpar sebesar Rp900 juta. Untuk event lainnya pihaknya hanya memfasilitasi dan mendukung penyelenggaraan melalui dana dukungan event," ujarnya.

Ia mengatakan total anggaran dukungan event pariwisata 2018 untuk promosi pariwisata Rp2,4 miliar dan promosi budaya sebesar Rp1,8 miliar," katanya. 

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Gubernur Jabar luncurkan West Java Calender of Event and Festival 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar