Indramayu layani masyarakat terpencil dengan perpustakaan keliling

Indramayu layani masyarakat terpencil dengan perpustakaan keliling

Arsip: Perkuat Program Ayo Membaca Pelajar membaca buku yang dibawa mobil perpustakaan keliling milik Badan Arsip dan Perpustakaan Kota di Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/10/2017). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra) ()

Indramayu (ANTARA News) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berupaya untuk melayani masyarakat di daerah terpencil dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling.

"Mobil itu telah dilengkapi dengan audio video multimedia, sehingga hal ini dapat meningkatkan minat membaca dan menciptakan suasana membaca lebih fun dan relaxs," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu Wawang Irawan di Indramayu, Kamis.

"Kehadiran mobil perpustakaan keliling ini sangat dinantikan oleh pemustaka dini," lanjutnya.

Mobil perpustakaan keliling yang baru tersebut untuk menjangkau daerah-daerah terjauh yang ada di Kabupaten Indramayu.

Wawang mengatakan minat baca masyarakat sudah semakin meningkat, namun kurangnya sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan minat literasi masyarakat Indramayu.

Mobil untuk perpustakaan keliling tersebut ujar Wawang, telah dilengkapi dengan 400 judul buku terbaru dan juga telah dilengkapi dengan perangkat audio video.

"Selain sarana perpustakaan juga dapat digunakan untuk menonton bareng film edukasi tentang literasi yang lebih menarik," tuturnya.

Wawang menambahkan mulai 2 Januari 2018 Perpustakaan Umum Kabupaten Indramayu buka hari Senin sampai Jum`at dari jam 08.00 - 21.00 WIB, sedangkan hari Sabtu buka dari jam 08.00 - 15.00 WIB.

"Selain layanan koleksi Perpustakaan untuk dibaca dan pinjaman buku secara manual, di Perpustakaan juga sudah tersedia layanan internet gratis," katanya.

Sementara itu Bupati Indramayu, Anna Sophanah mengatakan mobil perpustakaan keliling ini bisa menjangkau ke desa-desa yang terjauh sehingga mereka bisa tersentuh perpustakaan yang dapat meningkatkan minat baca di tengah masyarakat Indramayu.

"Respon masyarakat untuk membaca jika dilakukan dengan kreatif akan semakin meningkat. Kehiadiran mobil dengan perangkat multimedia ini mudah-mudahan bisa menciptakan suasana membaca yang lebih santai dan senang," kata Anna.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Motor trail pustaka keliling sasar sekolah terpencil

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar