Operator telekomunikasi AS berencana luncurkan 5G tahun ini

Operator telekomunikasi AS berencana luncurkan 5G tahun ini

jaringan 5g Ilustrasi 5G, ilustrasi jaringan (PixabayProgapherMan)

Jakarta (ANTARA News) - Hanya berjarak dua minggu setelah spesifikasi peralatan 5G ditetapkan, operator telekomunikasi Amerika Serikat AT&T mengumumkan akan meluncurkan jaringan mobile 5G di 12 pasar di Amerika Serikat tahun ini.

Meski AT&T tidak menjelaskan daerah-daerah mana saja yang akan mendapatkan cakupan jaringan 5G, namun jelas bahwa perangkat keras telah dikembangkan oleh operator telekomunikasi tersebut.

(Baca juga: 3GPP rampungkan spesifikasi pertama 5G)

Dilansir dari laman GSM Arena, AT&T juga berencana untuk tetap menjalankan program "5G Evolution" yang merupakan "jaringan LTE turbo-charged."

Saat ini jaringan tersebut tersedia di 23 metrik utama dan harus diperluas ke ratusan pasar tambahan. Hal ini kemungkinan dilakukan dengan menyalin transisi seperti ketika 3G cepat (HSPA) dipasarkan sebagai 4G beberapa tahun yang lalu.

T-Mobile, Sprint, Orange dan Telefonica adalah beberapa operator lainnya yang berlomba-lomba untuk menggunakan jaringan 5G yang benar.

Selain itu, ada pula beberapa nama seperti Qualcomm, Samsung dan ZTE sebagai produsen perangkat keras dan penyedia peralatan 5G.

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar