Jakarta (ANTARA News) - Speaker cerdas diperkirakan menjadi kategori teknologi baru yang tumbuh paling cepat pada 2018, menurut penelitian oleh perusahaan analisis Canalys.

Penjualan speaker cerdas akan mengalahkan penjualan wearable, Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Tiga teknologi tersebut sebelumnya dikatakan tumbuh dengan cepat di pasar smartphone yang sudah matang saat ini.

Total penjualan speaker cerdas diperkirakan mencapai 56,3 juta unit pada 2018, dengan Google dan Amazon diperkirakan akan memimpin dengan speaker Google Home dan Alexa mereka.

Apple juga diharapkan bisa merilis speaker HomePod tingkat tinggi dengan Siri di awal 2018. Amerika Serikat akan menjadi pasar terbesar untuk speaker pintar sekira 38,4 juta dari penjualan yang diharapkan atau 68 persen dari total.

Sementara itu, pada akhir 2017, Google dan Amazon diperkirakan telah menjual Google Home dan speaker Alexa mereka tanpa mendapat untung atau bahkan mengalami kerugian.

Pada 2018, menurut Canalys, perusahaan teknologi tersebut akan mencari cara untuk menghasilkan uang, demikian Phone Arena.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018